Apa itu koperasi nelayan pintar? koperasi nelayan pintar merupakan sebuah koperasi yang beranggotakan para nelayan-nelayan yang bermatapencahariaan sehari-hari sebagai nelayan. Koperasi ini sudah banyak di terapkan di berbagai daerah di Indoensia dimana salah satunya adalah di provinsi aceh darusslam. Hasil ikan-ikan tangkapan nelayan ini mencapai 5 ton banyaknya dan dikirim ke Sumatra Utara.swbagaimana wakil gubernur Aceh sendiri yaitu Muzakir manaf yang secara langsung melepas pengiriman 5 ton ikan ke SUMUT. Hal ini akan menjadi sebuah kerja sama yang baik karena dapat memajukan pencaharian rakyat aceh yang menjadi nelayan. Selain itu, hasil tangkapan ikan yang diperoleh juga memiliki kualitas yang baik, sehingga akan memperbesar jumlah permintaan pengiriman ikan ke daerah lainnya. Dengan adanya koperasi pintar dan segala penyuluhannya memberikan efek yang positif kepada para nelayan untuk mengembangkan hasil usahanya.

Koperasi Nelayan Pintar
Koperasi Nelayan Pintar

Pengiriman ini tentunya tidak lepas dari turut andilnya koperasi nelayan pintar yang dapat memberikan pengarahan lebih baik dan maju kepada para nelayan sehingga mereka dapat lebih produktif untuk menghasilkan ikan-ikan yang dapat dikirim keluar daerah. Pengiriman ini akan rutin di lakukan selama 10 hari sekali. Untuk proses pengiriman ini, mereka melakukan sebuah kerja sama dengan PT. Pos Indonesia untuk dapat mengukur kesejahteraan para nelayan di provinsi Aceh. 

Mengenai hal ini, tentunya koperasi nelayan pintar sangatlah berperan besar dalam memajukan anggotanya agar dapat mensejahterakan kehidupan nelayan tidak hanya di Aceh bahkan di seluruh Indonesia. Untuk itu, sebuah inovasi untuk memajukan kehidupan nelayan juga sangat di perlukan sebagaimana telah hadirnya NELPIN. Lalu apa itu NELPIN dan bagaimana cara kerjanya dan apa saja kegunaannya bagi para nelayan? Berikut ini ulasan selengkapnya untuk anda.

Nelayan pintar bersama NELPIN

Dengan maraknnya berbagai macam operasi yang bergerak di bidang usaha kecil dan menengah tentunya hal ini tidak akan menjadi hambatan untuk sebuah inovasi-inovasi yang baru untuk perkembangan koperasi kedepannya agar lebih baik demi mensejahterakan anggota-anggotanya. Salah satu sebuah tembusan baru dengan adanya NELPIN yang merupakan sebuah kegiatan sosialisasi implementasi dengan menggunakan aplikasi nelayan pintar. Implementasi ini di selenggarakan di Kupang pada tahun 2016. NELPIN itu sendiri merupakan sebuah aplikasi sistem yang dapat membantu nelayan untuk mencari dan menemukan daerah-daerah untuk penangkapan ikan. Aplikasi ini juga di lengkapi dengan informasi cuaca, kesuburan perairan, pelabuhan, dan harga dan sebaran ikan. Aplikasi ini dapat mudah di download bagi anda yang menggunakan smartphone di google play atau appstore. 

Selain itu, keuntungan dari menggunakan aplikasi nelpin ini antara lain adalah dapat memperkirakan bbm dan jarak tempuh lokasi penangkapan ikan melalui aplikasi apik ini. Dengan hadirnya aplikasi pintar ini tentunya akan dapat membantu para nelayan menjadi lebih mudah dalam melakukan penangkapan ikan tanpa harusmenunggu lama untuk berputar diperairan sehingga akan lebih memperhemat bahan bakar yang digunakan. Hal ini akan lebih mudah untuk mencapai tujuannya yaitu mensejahterakan para nelayan. Aplikasi ini selain di Kupang juga telah banyak di sosialisasikan di daerah lain seperti Lombok Timur, Pangkal Pinang, Mempawah, dan Belitung. Nah, bagi kamu yang merupakan seorang nelayan, anda dapat memanfaatkan aplikasi agar mempermudah anda untuk melakukan aktifitas penangkapan ikan. Demikianlah artikel mengenai koperasi nelayan pintar dan bagaimana turut andilnya dalam mensejahterakan anggotanya dan apa saja penemuan aplikasi pintar agar lebih memajukan kemajuan para nelayan di Indonesia, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Related Posts