Selasa, 08 Mei 2018

Buku Ipa Kelas 7 Kurikulum 2013 Semester 2 Rangkuman

Sejak tahun ajaran 2016/2017, pemerintah menerapkan tambahan pelaksana kurikulum 2013. Hal ini berdasarkan keputusan direktur jenderal pendidikan dasar dan menengah kementrian pendidikan dan kebudayaan nomor : 305/kep/D/KR/201647/D1/KEP/KP/2016 mengenai penetapan satuan pendidikan (sekolah) pelaksana kurikulum 2013. Untuk pelaksanaanya, langsung diterapkan di buku IPA kelas 7 kurikulum 2013 semester 2 dan juga buku lainnya. 
Kurikulum 2013 dikenal juga dengan kurikulum berbasis karakter. Lebih mengutamakan perkembangan pendidikan berkarakter. Pemahaman skill, aktif dalam proses diskusi, siswa bisa memahami materi dengan baik, dan memiliki sifat sopan disiplin tinggi, kurikulum ini berlaku untuk semua jenjang pendidikan dari taman kanak-kanak sampai tingkat sma. Supaya siswa lebih memahami pembelajaran dan menjadi pribadi yang berbudi baik.

Untuk pembelajaran ipa kelas 7, IPA hanya ada satu mata pelajaran. Tidak seperti dulu, yang dibagi menjadi pembelajaran biologi dan fisika. Ipa ini sudah mencakup semua kedua materi pembelajaran itu. Sehingga lebih fokus dalam memahami materi. Ada banyak perubahan di buku pembelajaran dibandingkan versi yang sebelumnya. Sehingga siswa lebih memahami materi dengan baik.

Materi pembelajaran IPA kelas 7 kurikulum 2013 semester 2

Di buku ipa kelas 7 kurikulum 2013 semester 2, terdiri dari materi lengkap. Terutama tentang pelajaran biologinya. Ada 6 bab yang dipelajari di buku ini selama 6 bulan terakhir, dengan materi :

 Bab 1 tentang sistem organisasi kehidupan

Materi ini mempelajari tentang stuktur sel,organ pada makhluk hidup. Seperti sel sebagai unit struktural dan fungsional kehidupan. Jaringan pada sel makhluk hidup, organ pada tumbuhan dan hewan, dan sistem organ serta organisme. Materi ini tentunya akan membuat siswa lebih paham tentang organ dan sel yang menyusun makhluk hidup. Terutama pada hewan dan tumbuhan.

 Bab 2 tentang interaksi makhluk hidup dengan lingkungan

Bab 2 ini akan membahas tentang pengertian lingkungan, hal yang ditemukan di lingkungan, interaksi ekosistem dalam sebuah pola, dan pola interaksi manusia yang mempengaruhi ekosistem. Materi ini bisa dipahami langsung dengan kehidupan sekitar. Karena setiap harinya kita saling berinteraksi dengan makhluk hidup lainnya, sehingga mempengaruhi ekosistem. Termasuk tumbuhan dan hewan.

 Bab 3 tentang pencemaran lingkungan

Masalah pencemaran lingkungan, memang harus dipelajari dengan baik, karena hal itu selalu kita lihat setiap harinya. Siswa akan mempelajari tentang pengertian pencemaran, contoh pencemaran air, pencemaran udara dan pencemaran tanah. Guru juga bisa memberikan contoh konkretnya. Sehingga siswa dapat memahami materi tersebut dengan lebih mudah. Akan lebih baik kalau siswa diajari dengan cara mengatasi pencemaran lingkungan.

 Bab 4 tentang pemanasan global

Materi ini mempelajari tentang efek rumah kaca, pengertian pemanasan global, penyebab pemanasan global, dampak pemanasan global dan usaha menanggulangi pemanasan global. Dengan mempelajari materi ini, siswa diharapkan bisa memahami dan menanggulangi global warming.

 Bab 5 tentang lapisan bumi

Lapisan bumi menjadi pembelajaran yang harus dipahami semua siswa. Terutama tentang atmosfer, litosfer dan hidrosfer. Karena bumi yang kita tinggali, terdiri dari lapisan bumi yang memiliki fungsi berbeda-beda.

 Bab 6 tentang tata surya

Selain mempelajari tentang bumi, siswa juga mempelajari tentang tata surya. Seperti sistem tata surya, kondisi bumi, kondisi bulan dan gerhana.
Semua materi itu, harus dipelajari di semester 2 kelas 7. Materi ini pasti ada di semua buku ipa kelas 7 kurikulum 2013 semester 2.
Buku Ipa Kelas 7 Kurikulum 2013 Semester 2 Rangkuman Rating: 4.5 Posted by: Justin Trudeau

0 komentar:

Posting Komentar