Cat Minyak Lukis Terbaik Yang Banyak Dipilih Pelukis Profesional

Selasa, 08 Mei 2018

Cat Minyak Lukis Terbaik Yang Banyak Dipilih Pelukis Profesional

Melukis merupakan hal yang sangat menyenangkan. Terlebih lagi bagi seseorang berjiwa seni lukis. Sepintas, pekerjaan melukis memang terlihat sederhana, tetapi banyak perlengkapan yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. seperti medianya, kanvas, cat minyak lukis terbaik dan beberapa perlengkapan lainnya. kali ini kita akan mengupas lebih dalam mengenai cat untuk melukis. Karena masih banyak pelukis pemula merasa bingung cat apa yang sebaiknya dipergunakan. Pasalnya salah memilih cat, membuat hasil lukisan tetap berkualitas rendah. Jadi seperti apakah cat yang baik dan berkualitas?

Beragam Jenis Cat Lukis

Dipasaran kita dapat menemukan cat lukis yang memang beragam macamnya. Yakni cat air, cat minyak dan cat acrylic. Apakah ketiganya ini mempunyai kegunaan yang sama? tentu saja ketiganya mempunyai perbedaan. Hal ini mengacu pada sifat, kelebihan dan kekurangannya. Agar mudah membedakan, simak ulasan berikut.

1. Cat air

Watercolour atau bisa dikenal cat air, merupakan media untuk menggambar menggunakan air sebagai media pengencernya. Kelebihan utama cat ini sangat terlihat dari penggunaan teknik sapuan untuk transparansi. Warna khas, ramah lingkungan dan mudah dibersihkan. Membuatnya banyak diminati. Sayangnya sisi kekurangan juga terdapat dari media air. media air mudah sekali luntur, dan rawan terkenal tumpahan air. 

Jenis cat lukis ini juga jarang dipergunakan untuk proses finishing. Teknik menggambar yang mengutamakan tebal, tipis dan lembut akan sempurna menggunakan cat air. Cat air palsu biasanya mempunyai harga 10 - 20 ribu, dan cepat kering. Sedangkan yang asli harganya sekitar 50 ribu, tapi awet dan tidak kering bahkan hingga satu tahun.

2. Cat minyak

Tak berbeda dengan jenis cat sebelumnya. cat minyak lukis terbaik ini dikenal dengan cat minyak karena media pengencernya menggunakan minyak. Media diatas kanvas bahan cat minyak sangat populer digunakan para pelukis. Hal ini dikarenakan cat minyak mempunyai kelebihan. Seperti cocok dipakai melukis diatas kanvas, ketahanan bagus. Meskipun lukisan berumur puluhan tahun tetap awet (bergantung kualitas catnya). Cat minyak juga tidak mudah luntur, dengan warna tajam. Sifatnya yang kental, sangat tepat dipilih untuk teknik tekstur atau teknik melukis lainnya. 

Berbagai tipe lukisan terlebih lagi lukisan abstrak atau naturalis cocok menggunakan media ini. meskipun terlihat sempurna, ada kekurangan didalamnya. cat ini kurang ramah lingkungan serta membutuhkan waktu lama untuk kering. Belum lagi bau cat ini cukup menyengat. Harga cat ini juga terasa lebih mahal dibandingkan cat air. harga cat ini berkisar 100 hingga 400 ribu rupiah. untuk warna gold dan silver lebih mahal bahkan sampai 40%.

3. Cat acrylic

Cat Minyak Lukis
Cat Minyak Lukis

Cat acrylic membutuhkan media air sebagai pengencernya. Dibandingkan kedua jenis pendahulunya, cat lukis berkualitas dan terbaik ini mempunyai kelebihan dari sisi penggunaan medianya. Baik media kertas atau kanvas. Cat ini juga cepat kering serta tidak mengeluarkan bau yang menyengat hidung. tetapi bagi pelukis profesional, kemampuan cepat kering ini justru kurang bagus. 

Apalagi saat digunakan untuk teknik sapuan yang mengandalkan transparansi gambar. Menggunakan teknik tebal/tipis sapuan kuas. Untuk menggambar naturalis sangat diperlukan keahlian bagi pelukisnya dalam penggunaan cat. Dia juga tidak seawet tinta minyak. Bahkan lebih cepat pudar karena panas sinar matahari. 
Untuk menentukan cat minyak lukis terbaik, sebaiknya memang mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sehingga dapat membandingkan sendiri, manakah yang jadi pilihan tepat dan benar. menggambar memang diperlukan teknik, dan setiap teknik tadi membutuhkan jenis cat berbeda.

Tidak ada komentar: