Selasa, 08 Mei 2018

Contoh Contoh Makanan Halal Dan Baik

Bagi kalian yang beragama Islam, saat ini harus lebih berhati-hati dalam memilih makanan maupun minuman. Faktanya, makanan-makanan yang tidak halal ataupun masih samar-samar kehalalannya semakin banyak beredar di pasaran. Padahal, Islam sudah menjelaskan sejelas-jelasnya masalah makanan-makanan yang halal maupun haram untuk dimakan. Akan tetapi, halal saja tidak cukup, karena Islam menyuruh kita untuk mengkonsumsi makanan yang halal dan juga baik. Lalu, apa saja contoh makanan halal namun juga baik untuk kalian konsumsi? Tentu saja ini tergantung bagi masing-masing orang.
Contoh Makanan Halal
Contoh Makanan Halal Jepang

Makanan yang Haram

Sebelum membahas contoh makanan yang halal serta bagus untuk dikonsumsi, sebaiknya kita lihat dulu beberapa contoh makanan yang jelas-jelas haram sehingga kita bisa menjauhinya. Dalam Al-Quran, sangat jelas dikatakan bahwa kita tidak boleh memakan bangkai, darah, daging babi, dan hewan-hewan yang disembelih dengan menyebut selain nama Allah. Selain itu, dalam ayat lain juga dijelaskan bahwa khamr yang merupakan jenis makanan atau minuman apa saja yang memabukkan juga dilarang dengan tegas. Lalu dalam hadits, Rasullullah juga melarang untuk memakan daging binatang buas dan bertaring. Misalnya adalah harimau, kucing, anjing, dll. Dan masih ada lagi beberapa hewan yang dilarang untuk dimakan dagingnya.

Ciri-ciri Makanan Halal dan Baik

Makanan yang bukan hanya halal namun juga baik dikonsumsi memiliki beberapa kriteria. Maka, kalian harus memperhatikan kriterianya sebagai berikut:

1. Bergizi Tinggi

Salah satu cirinya adalah makanan tersebut bergizi tinggi dan seimbang. Makanan seperti ini sudah sering kita pelajari saat sekolah yaitu 4 sehat 5 sempurna.

2. Tidak Membahayakan

Memiliki gizi yang tinggi saja tidak cukup. Namun, contoh makanan halal juga harus aman dikonsumsi. Untuk itu, pastikan jika makanan tersebut tidak mengandung zat berbahaya untuk kesehatan.

3. Alami

Makanan alami selalu baik dikonsumsi karena tidak mengandung zat kimia. Untuk itu, utamakan memakan makanan alami.

4. Masih Segar

Terakhir, pastikan makanan halal tersebut masih segar. Jika makanan tersebut sudah membusuk, tentu saja makanan tersebut tidak pantas untuk dikonsumsi.

Contoh-contoh Makanan yang Halal

Berbicara masalah makanan halal dan baik, tidak bisa dilepaskan dari berbagai keadaan. Kalian bisa melihat beberapa contoh berikut ini:
  • Sate kambing adalah salah satu makanan yang halal karena terbuat dari daging kambing yang notabene halal. Akan tetapi, sate kambing hanya baik dikonsumsi untuk orang-orang yang tidak memiliki penyakit darah tinggi. Bahkan, sate kambing sangat dianjurkan untuk para penderita darah rendah.
  • Contoh lain adalah semangka. Buah ini memang halal dan alami. Akan tetapi, buah semangka bisa menurunkan tensi darah. Itulah kenapa buah semangka boleh dan baik dimakan oleh para penderita darah tinggi, namun harus dihindari oleh penderita darah rendah.
  • Kami juga mencontohkan daging kelinci yang mana boleh dan bahkan bagus dikonsumsi untuk siapapun, baik orang dengan tekanan darah normal, tinggi maupun rendah karena daging kelinci diteliti bisa membuat tekanan darah menjadi normal dan stabil.
Jika kalian bingung, kalian bisa mengambil contoh makanan halal dari 4 sehat 5 sempurna. Misalnya adalah nasi, lauk-pauk, sayur-sayuran, buah-buahan dan juga susu. Selain halal, makanan-makanan tersebut juga sangat baik karena bisa meningkatkan kesehatan. Faktanya, mereka mengandung karbohidrat, protein, vitamin serta mineral yang mana zat-zat tersebut sangat dibutuhkan tubuh kita semua.
Contoh Contoh Makanan Halal Dan Baik Rating: 4.5 Posted by: Justin Trudeau

0 komentar:

Posting Komentar