Contoh Proposal Karya Ilmiah Untuk Tugas Akhir

Selasa, 08 Mei 2018

Contoh Proposal Karya Ilmiah Untuk Tugas Akhir

Jika anda adalah seorang mahasiswa semester akhir, mungkin kalian sedang dipusingkan dengan tugas akhir yaitu membuat karya ilmiah. Sebelum membuat karya ilmiah tersebut, tentu saja kalian harus membuat proposal dan diajukan ke dosen pembimbing. Meskipun berbagai teori sudah dipelajari, namun tugas kahir ini memang masih kerap menjadi momok menakutkan bagi para mahasiswa semester akhir. Untuk membantu kalian, kami akan membahas tentang contoh proposal karya ilmiah yang bisa anda jadikan referensi.
Proposal Karya Ilmiah
Membuat Proposal Karya Ilmiah

Mencari Masalah Penelitian Karya Ilmiah

Biasanya, mahasiswa paling bingung adalah dalam menentukan apa yang akan dibahas untuk karya ilmiah tersebut. Untuk memulainya, hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari masalah dalam penelitian. Dalam hal ini, kalian juga harus menyiapkan pertanyaan-pertanyaan penelitian untuk karya ilmiahmu. Pencarian masalah sangatlah penting dan bisa dibilang paling penting. Namun, kebanyakan mahasiswa justru sibuk sendiri dengan pencarian judul. Padahal, judul bisa muncul sendirinya jika permasalahan penelitian sudah didapatkan.

Latar Belakang Penelitian Karya Ilmiah

Setelah menemukan permasalahan yang akan diteliti, kalian harus memaparkan latar belakangnya. Latar belakang memang menjadi hal pertama yang kalian tulis dalam contoh proposal karya tulis ilmiah. Dalam hal ini adalah meliputi alasan kenapa kalian harus melakukan penelitian itu dan apa pentingnya melakukan penelitian tersebut. Di sini, kalian harus meyakinkan bahwa penelitian ini benar-benar penting dan layak untuk dijadikan karya tulis ilmiah.

Rumusan Masalah Karya Ilmiah

Contoh proposal karya ilmiah juga meliputi rumusan masalah. Di sini, kalian harus menjelaskan masalah apa yang akan teliti. Perlu diketahui, rumusan masalah biasanya ditulis dalam kalimat pertanyaan. Jadi, kalimat-kalimat tersebut diakhiri dengan tanda tanya. Rumusan masalah ini sangat penting untuk melihat seberapa menarik karya ilmiah yang akan kalian buat.

Manfaat Penelitian Karya Ilmiah

Setelah merumuskan masalah, kalian juga harus menjelaskan manfaat penelitian pada contoh proposal penelitian karya tulis ilmiah. Sebagai peneliti, kalian harus meyakinkan pembaca bahwa penelitian yang akan dilakukan untuk membuat karya ilmiah ini benar-benar memiliki manfaat yang besar. Sebaiknya, penjelasannya dibahas secara spesifik dan tuntas. Biasanya, manfaat penelitian dibedakan dalam beberapa segi.

Metode Penelitian Karya Ilmiah

Setiap penelitian untuk karya ilmiah harus memiliki metode. Metode penelitian merupakan cara yang digunakan dalam penelitian tersebut. Hal ini meliputi beberapa hal. Umumnya, metode penelitian mencakup jenis, tempat, waktu, populasi, sampling, sample, instrument, rencana analisa dan etika penelitian.
Berdasarkan jenis datanya, penelitian dibagi menjadi 2 yaitu kualitatif dan kuantitatif. Namun, ada juga jenis penelitian berdasarkan pendekatannya yakni longitudinal dan sectional. Kemudian, ada lagi penelitian deskriptif, komparasi dan korelasional jika dilihat berdasarkan hubungan antar variable.

Lain halnya dengan tempat penelitian, ini merupakan lokasi di mana penelitian akan dilakukan. Hal ini bisa mencakup satu tempat atau lebih. Berhubungan dengan waktu penelitian, ialah jadwal perencanaan penelitian berdasarkan waktunya. Biasanya hal ini mudah dijelaskan dalam bentuk tabel. Untuk masalah populasi, di sini kalian menjelaskan berapa banyak peserta yang menjadi target penelitian. Hal ini dibutuhkan dalam penelitian kuantitatif.

Lalu, sampling merupakan penjelasan cara mengambil sample sedangkan sampel adalah teknik sampling yang tepat untuk digunakan. Untuk instrument penelitian, ada validitas dan reliabilitas. Berkenaan dengan jenis data, ada data primer dan juga sekunder. Kemudian, rencana analisa dibedakan menjadi univariat dan bivariat. Terakhir, etika penelitian merupakan masalah etik yang bisa terjadi seperti cara mengatasinya. Dengan contoh proposal karya ilmiah ini, semoga kalian bisa mengerjakan tugas akhir dengan lancar.

Tidak ada komentar: