Selasa, 08 Mei 2018

Gambar Alat Ukur Berat Lengkap Berdasarkan Jenisnya

Untuk mengetahui suatu berat, tentu dibutuhkan sebuah alat ukur khusus berat. Alat ukur berat bisa disebut juga timbangan. Namun, tahukah kalian bahwa ada berbagai macam atau jenis alat untuk mengukur berat? Jadi, di dalam artikel ini kami akan membahas jenis-jenisnya secara lengkap beserta gambar alat ukur berat sehingga kalian bisa lebih mudah memahaminya. Ada setidaknya 5 jenis alat pengukur berat yang harus kalian ketahui. Berikut penjelasannya masing-masing.
Alat Ukur Berat
Alat Ukur Berat


Alat Ukur Berat / Timbangan Neraca

Salah satu jenis timbangan yang perlu kalian ketahui adalah neraca. Meskipun jenis timbangan ini hanya kita jumpai pada tempat-tempat tertentu saja, namun timbangan ini sangat penting dan memiliki keakuratan yang tinggi. Ini merupakan alat untuk menimbang berbagai benda ringan. Misalnya, neraca digunakan untuk menimbang emas di toko emas atau pegadaian. Neraca juga bisa digunakan untuk menimbang platina. Selain itu, bisa juga digunakan untuk menimbang obat. Karena didesain khusus untuk benda-benda ringan, ukurannya pun juga kecil. Bentuknya yang unik membuatnya tampak lucu dan menarik. Ini adalah gambar alat pengukur berat jenis neraca.

Alat Ukur Berat / Timbangan Rumah Tangga

Ada juga timbangan rumah tangga. Disebut demikian karena memang kegunaannya adalah untuk menimbang barang-barang yang menjadi kebutuhan sehari-hari dalam rumah tangga. Misalnya, timbangan ini sering digunakan untuk menimbang berat tepung. Selain itu, sering juga digunakan untuk menimbang gula, bumbu masak ataupun margarin. Itulah kenapa kita sering menemukannya di warung-warung sembako. Penjual buah juga sering menggunakannya untuk menimbang buah. Bentuknya juga kecil dan kapasitasnya tidak banyak. Jika kalian belum pernah melihatnya, inilah gambarnya.

Alat Ukur Berat / Timbangan Kodok

Ketika melihat gambar alat ukur berat ini, kalian pasti sudah tahu namanya. Ya, alat ukur berat ini dinamakan timbangan kodok, karena memang bentuknya agak mirip kodok di mana cara kerjanya jungkat jungkit seperti kodok sedang melompat. Ini termasuk jenis timbangan kuno namun masih sering kita jumpai di warung-warung sembako. Fungsinya sebenarnya sama dengan timbangan rumah tangga karena juga sering digunakan untuk menimbang gula, buah, beras, dan lain sebagainya. Akan tetapi, timbangan ini masih manual karena kalian harus meletakkan pengukur timbangan yang sesuai untuk mengetahui berat barang yang sedang ditimbang. Jadi, keakuratannya kurang bagus dan banyak orang sudah mulai beralih ke jenis timbangan yang lebih modern.

Alat Pengukur Berat / Timbangan Duduk atau Barang

Selanjutnya adalah timbangan duduk atau sering juga disebut timbangan barang. Dilihat dari penggunaannya, timbangan ini digunakan untuk menimbang barang-barang kebutuhan rumah tangga juga seperti buah, terigu, beras, dll. Berbeda dengan timbangan kodok dan timbangan rumah tangga, ini memiliki kapasitas lebih besar sehingga bisa digunakan untuk menimbang barang dengan jumlah banyak. Untuk bentuknya, sangat berbeda juga dari keduanya. Kalian bisa melihatnya dari gambar alat timbangan di bawah ini.

Alat Ukur Berat Badan / Timbangan Berat Badan

Satu lagi jenis timbangan, yaitu timbangan berat badan. Untuk bayi, timbangan berat badan didesain khusus dengan wadah tempat si bayi sedangkan untuk orang dewasa didesain lain di mana kalian hanya perlu menginjak dan jarum akan menunjukkan berat badan anda. Penggunaan yang cukup simple dan cukup akurat tentu saja. Namun, biasanya timbangan ini juga tetap memiliki batas maksimal. Ini merupakan gambar alat ukur berat badan yang sering kita jumpai di puskesmas, rumah sakit, bidan, dll.
Gambar Alat Ukur Berat Lengkap Berdasarkan Jenisnya Rating: 4.5 Posted by: Justin Trudeau

0 komentar:

Posting Komentar