Selasa, 08 Mei 2018

Hari Koperasi Diperingati Setiap Tanggal 12 Juli

Kebutuhan yang semakin hari semakin meningkat, membuat kebutuhan ekonomi pun semakin tinggi. Apalagi di jaman sekarang ini, segala sesuatunya membutuhkan uang. Semakin banyak yang kita butuhkan, sudah pasti uang yang dikeluarkan semakin banyak. Itulah sebabnya banyak lembaga keuangan didirikan untuk memudahkan keuangan masyarakat. Baik yang ingin menyimpan uangnya dengan aman maupun membutuhkan pinjaman uang. Salah satu lembaga keuangan yang didirikan atas prinsip kekeluargaan adalah koperasi. Koperasi ini sangat membantu para anggotanya untuk menyimpan uang maupun meminjam uang. Berbicara mengenai koperasi, anda mungkin tidak tahu hari koperasi diperingati setiap tanggal berapa.
Koperasi merupakan salah satu badan usaha untuk rakyat yang bertujuan untuk membantu dalam bidang keuangan. Apalagi di jaman yang semakin maju sekarang ini, kebutuhan masyarakat semakin meningkat. Sehingga uang yang dikeluarkan untuk memenuhinya pun juga meningkat. Dengan adanya badan usaha atau lembaga keuangan seperti koperasi ini. Sudah pasti memberikan banyak kemudahan bagi kalangan masyarakat yang mungkin memerlukan pinjaman. Namun juga dapat dijadikan wadah untuk menyimpan uang anda dengan aman. Sebelum berbicara mengenai hari koperasi setiap tanggal berapa, anda harus paham mengenai koperasi dan juga sejarah dari berdirinya koperasi itu sendiri.

Sejarah Mengenai Hari Koperasi Diperingati Setiap Tanggal 12 Juli

Koperasi ini didirikan bukan hanya dengan tujuan untuk membantu dalam proses investasi, atau lebih tepatnya memberikan pinjaman kepada anggotanya. Sehingga meringankan masalah ekonomi bagi kalangan orang kecil atau semacamnya. Namun koperasi ini juga bertujuan untuk bisa mendapatkan keuntungan besar dengan menekan biaya. Sehingga untuk koperasi ini menerapkan harga yang sesuai dengan harga yang sebenarnya. Bagi sebagian orang, mungkin hanya sebatas ini saja memahami apa itu koperasi. Namun tidak tau sejarah dan juga hari koperasi setiap tanggal berapa diperingati. Untuk lebih jelasnya, anda bisa membaca ulasan dibawah ini mengenai sejarah hari koperasi yang diperingati setiap tanggal 12 Juli.

Untuk mengawali sejarah hari koperasi diperingati setiap tanggal 12 Juli ini. Untuk pertama kalinya, koperasi ini dicetuskan oleh Patih R.Aria Wiria Atmaja. Ketika itu didirikannya bank untuk para pegawai negeri. Namun kemudian koperasi ini mulai berdiri di kalangan para rakyat yang mana ketika itu sistem kapitalisme membuat penderitaan ekonomi sosial bagi rakyat. Kemudian hal tersebut menjadi sebuah dorongan bagi beberapa orang yang juga mengalami penderitaan yang sama. Sehingga berusaha mendirikan koperasi untuk menolong orang lain dan juga dirinya sendiri yang memiliki penderitaan yang sama dalam bidang ekonomi dan sosial. Nah, barulah setelah itu muncul koperasi Indonesia yang didirikan oleh Bung Hatta.

Bung Hatta kemudian dikenal sebagai Bapak koperasi. SOKRI kemudian ditetapkan ketika kongres koperasi pertama yang diadakan di Tasikmalaya. Selanjutnya dilakukan kembali kongres kedua yang diadakan di Bandung pada tahun 1953. Kemudian berubah nama menjadi dekopin dan ditetapkan bahwa hari koperasi diperingati pada 12 Juli setiap tahunnya dan hingga sekarang ini. Sehingga bagi anda yang mungkin tidak tahu tanggal berapa hari koperasi ini diperingati. Maka jawabannya adalah 12 Juli untuk setiap tahunnya. 

Dengan mengetahui sejarah hari koperasi diperingati setiap tanggal 12 Juli setiap tahunnya ini. Maka anda memiliki pengetahuan mengenai koperasi bukan sekedar mengetahui apa itu koperasi. Namun mengetahui sejarah berdiri koperasi, siapa pencetusnya hingga tanggal ditetapkannya hari koperasi. Semoga ulasan diatas dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi anda. Khususnya bagi anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai apa itu koperasi dan bagaimana proses berdirinya badan usaha ini.
Hari Koperasi Diperingati Setiap Tanggal 12 Juli Rating: 4.5 Posted by: Justin Trudeau

0 komentar:

Posting Komentar