Jika ada yang berkata lebih baik sakit gigi dari pada sakit hati, dengan tegas Saya akan menolak pernyataan tersebut. Bagi Anda yang pernah mengalami sakit gigi bengkak meskipun hanya sekali, tentunya Anda mengetahui bagaimana rasanya sakit gigi. Ketika mengalami hal tersebut, suasana hati akan berubah menjadi jelek karena menahan rasa sakit yang dialami, sehingga banyak dari orang sakit gigi memerlukan suasana tenang agar rasa sakit pada gigi tidak bertambah. Selain itu kita akan kehilangan selera makan karena jangankan untuk mengunyah makanan, kita dalam keadaan diam saja gigi terasa cenut-cenut atau nyeri hingga terkadang membuat kepala pusing.

Sakit Gigi Bengkak
Sakit Gigi Bengkak

Sebelum mengalami sakit gigi yang menyebabkan bengkak pada gusi, biasanya didahului oleh beberapa tanda-tanda atau gejala yang dapat Anda kenali. Gejala sakit gigi karena gusi bengkak diantaranya adalah mulut mengalami permasalahan bau tidak enak walaupun sudah sikat gigi dan berkumur menggunakan obat kumur antiseptik. Selanjutnya Anda akan merasakan tidak nyaman pada gusi misalnya gusi mulai terasa nyut-nyutan dan sakit apabila disentuh yang merupakan tanda gusi mulai terjadi pembengkakan dan warna gusi tampak merah mencolok. Gejala yang paling mudah untuk Anda deteksi sehingga harus segera diatasi adalah terjadinya perdarahan setiap kali menggosok gigi.

Penyebab Sakit Gigi Bengkak yang Harus Dihindari

Sakit gigi bisa terjadi karena berbagai macam penyebab, diantaranya adalah gigi berlubang atau goyang, gusi yang bengkak karena Anda kurang menjaga kesehatan mulut, dan lain-lain. Sakit gigi karena gusi bengkak dapat menyebabkan pipi bengkak di bagian gusi yang mengalami sakit, sehingga akan mempengaruhi penampilan Anda dalam beraktivitas. Selain itu terkadang apabila terdapat salah satu bagian tubuh yang terluka, antibodi yang kita miliki pasti bereaksi dan menyebabkan badan menjadi demam, begitupula yang dapat Anda alami ketika mengalami sakit gigi. Guna menghindari akibat yang tidak ingin dirasakan, oleh karena itu Anda harus mengetahui berbagai macam penyebab terjadinya sakit gigi sebagai berikut.

Baca Juga : Sakit Gigi Saat Hamil Apakah Bawaan Bayi? Coba Cari Tahu!

1. Kurang vitamin
Apabila Anda kekurangan asupan nutri khususnya untuk vitamin B dan C, hal ini dapat menyebabkan sakit gigi bengkak. Oleh karena itu Anda harus bisa menjaga agar tidak kekurangan asupan vitamin B dan C agar tidak terjadi pembengkakan gusi. Namun jangan berlebihan juga untuk mengkonsumsi vitamin terutama vitamin C, karena tubuh hanya akan menyerap kebutuhan akan vitamin secukupnya, dan sisanya akan dikeluarkan melalui pembuangan zat sisa dari metabolisme.

2. Terdapat infeksi jamur
Jamur yang tumbuh secara berlebihan di dalam mulut Anda dapat menyebabkan gusi menjadi bengkak. Oleh karena itu Anda harus menjaga makanan yang dikonsumsi untuk mencegah terjadinya jamur masuk dan berkembang biak di dalam mulut.

3. Tidak menjaga kesehatan mulut dan gigi
Apabila Anda malas menggosok gigi atau tidak menggosok gigi dengan cara yang benar, hal ini dapat menyebabkan terjadinya penumpukan plak atau kotoran sisa makanan pada daerah sekitar gusi dan gigi. Jika plak tersebut tetap ada selama beberapa hari, maka plak akan berubah menjadi karang gigi yang sewaktu-waktu dapat menusuk gusi dan menyebabkan radang gusi sehingga gusi membengkak.

Jagalah kesehatan gigi dan mulut agar Anda tidak mengalami sakit gigi bengkak yang dapat mengganggu kesibukan sehari-hari. Gosoklah gigi secara rutin dengan cara yang benar agar tidak terdapat sisa makanan yang menempel pada gigi hingga menyebabkan karang yang menjadi salah satu pokok permasalahan sakit gigi. Selalu jaga makanan yang Anda konsumsi dan juga jaga asupan vitamin B dan C untuk menjaga mulut agar tetap sehat.

Related Posts