Kamis, 10 Mei 2018

Ketahui Jenis Spray Gun Elektrik Terbaik

Spray gun merupakan alat yang digunakan untuk cat atau finishing suatu benda. Dengan menggunakan alat ini proses pewarnaan suatu benda pun lebih mudah. Hemat waktu dan tenaga. Karena anda tinggal menspray ke benda tersebut. Tapi sayangnya penggunaan spray gun ini boros cat, karena kita sulit mengukur tipis dan tebal hasil catnya. Selain itu ada banyak partikel cat yang terbuang sia-sia. Ada banyak sekali jenis spray gun di pasaran. Dengan bentuk dan fungsi yang berbeda-beda. Inilah jenis spray gun elektrik terbaik yang bisa anda gunakan.

Spray gun elektrik HVLP

Spray gun ini memakai tabung dibagian atasnya. Cat akan dimasukan ke dalam tabung tersebut, kemudian tutupnya harus ditutup dengan rapat. Kalau tidak rapat, cat akan mudah tumpah. HVLP kepanjangan dari high volume low pressure. Yang berarti alat ini mampu menghasilkan tekanan udara 14,7 psi. Tekanannya memang tak begitu besar, tapi bagus untuk melakukan fisnihing di benda yang rumit. Sehingga daya semprotnya tak begitu besar. Membuat hasil lebih bagus. Sering digunakan untuk sealer base coat, top coat dan primer.

Spray gun elektrik LVLP

Spray gun low volume low presure ini juga bagus digunakan, tekanan spraynya pun rendah. Lebih bagus dibandingkan seri HVLP. Kelebihannya mampu bekerja di viskositas tinggi. Dapat digunakan pada pengaplikasian top coat, aplikasi sealer, dan base coat. Tidak bagus untuk pengaplikasian stain. Tabung catnya dibagian bawah, sehingga tidak mudah tumpah seperti spray gun hvlp.

Spray gun elektrik airless.

Spray gun elektrik terbaik selanjutnya adalah jenis airless gun. Jenis ini bekerja karena tekanan pada finishing material. Tekananya sangat tinggi, sehingga cat keluar dengan lebih besar. Cat akan keluar dari lubang orrifice, dengan ukuran yang kecil. Jadi walaupun tekanannya besar, tapi hasilnya tetap bagus dan rapi. Tekanan yang dikeluarkan mencapai 1000 psi atau 680 atm. Anda bisa melakukan proses pengecatan sesuai dengan keinginan. Cat menempel mencapai 705. Kalau ingin menghasilkan cat yang tebal. Jenis spray gun ini paling tepat untuk digunakan,

Spray gun assited airless

Jenis spray gun ini bisa dibilang jenis spray gun campuran. Karena modifikasi dari beberapa jenis spray gun, proses pengeluaran materialnya menggunakan aliran udara tekan. Material akan keluar dari orrifice. Hasilnya lebih bagus dibandingkan jenis yang lainnya. Lebih rapi dan tingkat ketebalannya pun pas. Banyak orang yang memakai jenis ini, untuk proses pengecatan. 

Ada banyak sekali jenis spray gun yang bisa anda gunakan. Tentunya setiap jenisnya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Ada yang tabunganya besar, ada yang kecil, dan lainnya. Tekanan yang didapatkan pun berbeda-beda. Pada saat memilih spray gun, anda harus sesuaikan dengan kebutuhan. Berapa tekanan yang anda butuhkan dan berapa besar material yang akan dicat. Karena setiap spray gun punya fungsi yang berbeda-beda.

Saat ini banyak toko yang menjual spray gun elektrik terbaik. Entah itu online maupun offline, selain memakai spray gun yang tepat, anda juga harus memilih material catnya yang tepat. Karena tidak semua jenis material cat dapat digunakan di semua jenis spray gun. Ada beberapa yang cocok dan ada yang tidak. Oleh karena itu, anda harus memperhatikan hal ini dengan sebaik mungkin. Atur tekanan anginnya dengan pas, jangan sampai tekanan terlalu besar sedangkan anda butuh tekanan yang kecil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar