Koperasi Usaha Tani Sarana Kesejahteraan Petani

Selasa, 08 Mei 2018

Koperasi Usaha Tani Sarana Kesejahteraan Petani

Dalam kegiatan usaha tani, petani memerlukan modal untuk membeli sarana produksi pertanian. Sarana produksi pertanian yang baik dapat meningkatkan kualitas produksi pertanian. Kualitas produksi pertanian yang baik dapat meningkatkan pendapatan petani. Sayangnya, petani kadang mengalami kesulitan mendapatkan modal untuk membeli sarana produksi pertanian. Petani sampai harus meminjam modal pada tengkulak. Petani menjual hasil panennya pada tengkulak. Tengkulak akan membeli hasil panen dan menentukan harga beli sekaligus harga jualnya. Hal ini mengakibatkan petani mengalami kerugian yang cukup besar. Koperasi usaha tani merupakan salah satu solusi dari permasalahan tersebut. Koperasi usaha tani adalah koperasi yang beranggotakan kelompok petani. 

KUD Koprerasi Unit Desa
KUD Merupakan Koperasi Usaha Tani

Koperasi usaha tani didirikan untuk membantu petani mengatasi kesulitan modal untuk membeli sarana produksi pertanian. Syarat menjadi anggota koperasi usaha tani adalah membayar simpanan wajib sesuai dengan yang ketentuan yang ditetapkan dalam rapat anggota koperasi. Koperasi usaha tani memiliki beberapa jenis usaha untuk mensejahterakan anggotanya. Jenis usaha yang dilakukan adalah unit simpan pinjam, pengadaan dan penjualan sembako, pengadaan penjualan sarana produksi pertanian seperti bibit, pupuk, cangkul. Salah satu koperasi usaha tani yang sukses dan dapat ekspor ke luar negeri adalah koperasi usaha tani simalungun.

Koperasi Usaha Tani Simalungun.

Koperasi usaha tani Simalungun adalah kelompok usaha tani yang didirikan tahun 2006 di Simalungun, Dataran Tinggi Danau Toba, Sumatera Utara. Pada tahun 2013, Bank Indonesia memberikan pendampingan kepada kelompok petani Simalungun. Modal awal koperasi adalah 12 juta. Koperasi ini termasuk salah satu koperasi tersukses di Indonesia. Omzet mencapai 20 miliar, laba bersih yang didapatkan 12 miliar per tahun. Produksi yang dihasilkan mencapai 67.000 ton. Salah satu prestasi terbaik dari koperasi ini adalah berhasil memasok biji kopi ke starbucks. Desain dan kemasan kopi yang dibuat sangat baik. Pemasarannya dilakukan via online maupun offline. Produknya meliputi kopi beras (green bean), kopi sangrai (roast bean) dan kopi bubuk. Kopi beras berhasil diekspor ke Eropa, Amerika Serikat, Timur Tengah, Malaysia, Singapura, Korea Selatan, Taiwan, Tiongkok, Australia, Jepang dan Selandia Baru. Kopi sangrai juga telah diekspor ke Eropa dan Amerika. 

Tak hanya koperasi usaha tani simalungun, di seluruh Indonesia telah banyak bermunculan koperasi usaha tani yang membantu memberdayakan petani. Berikut ini kami berikan ulasan 2 koperasi usaha tani di Bali (salah satu koperasi online terpercaya) dan koperasi Gapoktan di Brebes (koperasi dengan anggota 236 petani).

Koperasi Tani Usaha Mandiri

Koperasi tani usaha mandiri adalah salah satu koperasi usaha tani yang berbadan hukum. Koperasi usaha tani mandiri berada di Provinsi Bali. Kelompok usaha tani mandiri didirikan pada tanggal 27 Maret 2001. Anggota koperasi usaha tani berjumlah 70 orang. Tujuan dari koperasi usaha tani mandiri adalah agar anggota koperasi saling membantu mengatasi permasalahan modal dan teknik bercocok tanam. Produk yang ditawarkan oleh koperasi tani usaha mandiri adalah
- Simpanan sukarela koperasi, simpanan masa depan, simpanan pendidikan, simpanan sukarela berjangka.
- Pinjaman umum, pinjaman usaha mikro/kecil
Petani yang berminat menjadi anggota koperasi tani usaha mandiri akan mendapat fasilitas yaitu mengikuti pendidikan pelatihan dasar koperasi. Koperasi usaha tani bisa diakses secara online, koperasi ini adalah salah satu koperasi online terpercaya.

Koperasi Gapoktan “Tani Sehat”

Koperasi Gapoktan “Tani Sehat” adalah koperasi usaha tani yang terletak di Kedungbokor, Brebes. Koperasi ini didirikan untuk menciptakan kesejahteraan petani di Brebes. Jumlah anggota utama koperasi gapoktan tani sehat ada 236 Petani. Kegiatan yang dilakukan koperasi gapoktan adalah
- Penjualan pupuk, benih.
- Produksi pupuk organik OFER.
- Pengembangan unit jasa keuangan syariah.
- Pelayanan pembayaran listrik online.
- Potensi pengembangan kerjasama koperasi.
Koperasi Gapoktan “Tani Sehat” telah dipercaya oleh petani Brebes menjadi salah satu koperasi usaha tani terbaik. Koperasi usaha tani telah banyak bermunculan di berbagai daerah di Indonesia. Kehadiran koperasi usaha tani diharapkan dapat membantu modal petani dan tidak lagi membuat petani meminjam modal pada tengkulak.

Tidak ada komentar: