Guru untuk universitas negeri padang akan mendapatkan sertifikasi. Sertifikasi diselenggarakan untuk membantu mendapatkan guru berkualitas dan juga bertujuan untuk mensejahterakan guru indonesia. Dengan adanya sertifikasi maka seorang guru akan sangat perlu untuk mempersiapkan diri agar nantinya berhasil dalam menjalani seleksi. Ada beberapa tahap seleksi yang harus dilakukan. Tanpa persiapan yang baik, nantinya hasil dari ujian atau seleksi tidak akan sesuai dengan yang diharapkan. Sertifikasi guru unp memang menjadi sebuah berita gembira bagi para guru. Anda yang ingin mengikutinya perlu untuk memahami syarat dan ketentuan yang ada.

Sertifikasi Guru Unp
Sertifikasi Guru Unp

Kuota untuk berbagai universitas

Ketika akan menjalani sertifikasi guru selain mengetahui syarat dan ketentuan yang ada, peserta juga perlu untuk mengetahui jumlah kuota yang tersedia. Kuota antara suatu kampus dengan lainnya biasanya berbeda. Jumlahnya juga tidak banyak karena hanya akan dipilih yang terbaik dan layak untuk mendapatkan sertifikat. Setiap tahunnya ada kuota yang disediakan namun anda harus berani bersaing dengan banyak peserta lainnya. Meskipun kuota yang disediakan tidak banyak, anda harus tetap optimis karena segala sesuatu akan dapat diketahui hasilnya apabila telah dilakukan. Tanpa mencobanya anda tidak akan bisa melihat apakah anda layak untuk mendapatkan sertifikat guru.

Menyiapkan persyaratan

Penyelenggaraan sertifikasi guru unp ini memang diadakan setiap tahun. Ada banyak universitas lainnya yang berada di sekitar wilayah tersebut yang juga menyelenggarakan sertifikasi guru. Beberapa universitas lainnya antara lain universitas bengkulu dan universitas jambi. Kuota yang disediakan biasanya berbeda setiap tahun. Semuanya tergantung dengan kebijakan dari pemerintah atau penyelenggara. Jika anda sudah yakin untuk mengikutinya sebaiknya menyiapkan syarat yang dibutuhkan. Selanjutnya syarat dan berkas yang dikumpulkan akan diverifikasi. Setelah selesai dilakukan verifikasi, anda bisa melihat hasil pengumuman di website.

Jika ternyata anda dinyatakan lulus verifikasi berkas, anda akan melanjutkan ke tahap selanjutnya. Ujian adalah tahap yang akan sangat menentukan apakah seorang guru nantinya bisa menerima sertifikat atau tidak. Ujian akan dilakukan beberapa tahap. Ujian tahap pertama apabila anda dinyatakan lulus maka anda bisa langsung menunggu tanggal turunnya sertifikat saja. Namun jika ternyata dalam proses sertifikasi guru unp ternyata anda gagal melakukan ujian tahap pertama akan ada beberapa kali ujian ulang. Ujian ulang akan dilakukan maksimal sebanyak 3x. Jika dalam waktu 3x kesempatan itu tidak juga lulus, peserta tidak boleh mengikuti ujian yang selanjutnya.

Ujian untuk sertifikasi guru unp tahun 2018 akan dilakukan pada bulan awal dan untuk ujian ulangnya diperkirakan akan dilaksanakan pada bulan agustus. Supaya calon peserta tidak kehilangan banyak informasi penting memang sebaiknya selalu membuka website resmi agar kiranya ada info penting anda dapat langsung mengetahuinya. Ketika melakukan ujian atau proses seleksi, peserta harus berhati-hati dengan iming-iming yang ditawarkan oleh oknum. Anda jangan sampai tertipu karena ternyata ada banyak kasus penipuan yang mengatasnamakan panitia penyelenggara.

Kuota untuk sertifikasi guru unp meskipun banyak atau sedikit semuanya akan sangat tergantung dengan usaha anda. Saat ini, anda telah mengetahui jika ada kesempatan untuk mendapatkan sertifikat yang anda nantikan selama menjadi guru. Jika ternyata anda berhasil maka itu adalah anugerah dan anda harus bersukur namun jika ternyata belum berhasil, anda jangan sampai merasa putus asa atau menyerah. Kesempatan untuk menjadi guru profesional akan tetap ada. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda.

Related Posts