Siapakah yang tidak mengenal kunci inggris? Bagi kaum laki - laki pasti telah mengenal jenis perkakas yang satu ini. Pada dasarnya, kunci inggris merupakan sebuah peralatan yang berguna untuk melepas memasang kembali sebuah mur pada tempatnya kembali. Fungsi jenis ini tentu saja sangat membantu manusia dalam kegiatan sehari - hari. Mereka dapat dengan mudah membuka benda yang terdapat mur atau baut. Agar mur dapat dengan mudah dibuka dengan kunci inggris. Maka ukurannya dapat di stel melebar dan menyempit. Penyetelan ini perlu dilakukan ketika akan membuat mur atau baut. Dengan penyetelan yang baik, mur atau baut akan mudah terbuka. Pada dasarnya, ukuran dari kunci inggris sangatlah bervariasi. Ada kunci inggris besar dan ada pula yang kecil. Tersedia berbagai macam ukuran tersebut guna memberikan pilihan pada manusia modern.

kunci-inggris
Kunci inggris

Perkakas bengkel bernama kunci inggris memang sangat praktis. Dikatakan praktis lantaran alat ini mampu membuka berbagai macam ukuran mur atau baut. Semua itu dapat dilakukan kunci inggris lantaran dapat di stel. Pada waktu menggunakan kunci ini, seseorang perlu menyetel jarak kedua rahang dari perkakas. Penyetelan itu harus disesuaikan dengan ukuran baut atau mur yang akan dibuka. Apabila ukuran kunci inggris telah sesuai, maka dapat dipastikan sang pengguna dapat mengendorkan baut secara mudah.

Kunci inggris atau biasanya disebut juga dengan istilah english key memang sangat praktis. Alat model ini sangat membantu pekerja manusia. Terutama bagi mereka yang dalam keseharian bergelut dengan mur atau baut. Dapat dipastikan mereka sangat terbantu dengan adanya english key ini. Oleh karena kepraktisannya, maka tidaklah mengherankan jika banyak manusia yang menyukainya.

Teknik menggunakan kunci inggris yang benar

Alat pembuka mur atau baut bernama kunci inggris memang sangat nyaman dipakai. Benda yang bagian rahang untuk melepas bautnya dapat distel ini memang sangat mudah digunakan. Karena kemudahan tersebut, maka umat manusia masa kini jatuh hati terhadap perkakas ini. 

Akan tetapi sebelum memutuskan untuk memakai kunci inggris, maka seseorang perlu mengetahui tentang cara penggunaannya. Pengetahuan tentang teknik pakai kunci inggris besar dapat memberikan kemudahan bagi para penggunanya. Berikut ini cara memakai kunci inggris yang benar untuk membuka mur atau baut.
1. Tentukanlah dahulu mur atau baut yang akan dibuka dengan kunci inggris.
2. Selanjutnya ambillah perangkat kunci inggris yang anda miliki.
3. Dekatkan rahang pada kepala kunci asal negara inggris di bagian mur. Bukalah mulut rahang kunci tersebut dan buatlah mur atau baut masuk ke dalamnya.
4. Aturlah lebar dari rahang kunci inggris dengan jalan memutar pengaturannya. Bagian pengatur alat ini terdapat pada bagian kepala. Lebih tepatnya berada di belakang rahang yang mengenai baut.
5. Dalam pengaturan penjepit baut pada kunci inggris, buatlah sekuat dan serapat mungkin. Maksudnya posisi rahang bagian atas dan bawah harus menjepit kuat mur yang akan dibuka.
6. Setelah kunci berhasil mencengkeram baut atau mur dengan kuat, putarlah sampai terasa kendor. Pastikan dalam memutarkan ini dengan pelan - pelan. Hal ini untuk menghindari rusaknya mur dan baut.
7. Jika tahapan pada nomer 6 telah dilakukan, maka secara perlahan baut atau mur akan terlepas dengan sendirinya.
Demikianlah uraian singkat tentang penggunaan kunci inggris besar. Adanya penjelasan mengenai teknik ini, maka seseorang tidak akan merasa kerepotan dalam membuka mur atau baut. Sehingga para pemakai alat tersebut akan merasa nyaman dalam penggunaannya.

Related Posts