Macam Macam Timbangan Dan Kegunaannya

Selasa, 08 Mei 2018

Macam Macam Timbangan Dan Kegunaannya

Macam macam timbangan dan kegunaannya, ketika mendengar kata timbangan, mungkin bagi anda ini hal yang sudah tidak asing lagi dan anda juga telah banyak melihat timbangan tidak hanya di pasar-pasar saja, namun juga ditempat lain seperti klinik kesehatan, puskesmas dan lain-lain. Apa sih kegunaan timbangan? Secara umum timbangan memiliki fungsi yaitu untuk mengukur berat badan benda. Banyak sekali jenis timbangan yang perlu untuk anda ketahui seperti timbangan untuk mengukur berat beras, cabe, gula dna lainnya tentunya akan berbeda dengan timbangan yang fungsinya untuk mengukur emas, berat badan manusia dan lainnya. Maka dari itu, lebih jelasnya hal ini akan lebih di jelaskan secara rinci di dalam artikel ini.
Tidaklah banyak orang yang mengetahui bahwa timbangan memiliki jenis dan kategori yang berbeda-beda pula sesuai dengan kebutuhannya masing-masing. Definisi dari timbangan itu sendiri adalah sebuah alat yang di gunakan sebagai pengukur masa atau berat dari sebuah benda untuk dapat mengetahui nilai dari benda tersebut. Timbangan juga bisa di sebut dengan neraca yang dapat dikategorikan menjadi timbangan elektronik dan timbangan digital. Selain itu, kategori timbangan itu juga di bedakan dari bagaimana bentuk dan bagaimana timbangan tersebut bekerja. Berikut ini adalah klasifikasinya untuk anda.

Timbangan manual

Timbangan Gantung murah analog manual bisa untuk buah ikan sayur dapur
Timbangan Gantung Manual

Salah satu kategori macam macam timbangan dan kegunaannya adalah timbangan manual. Timbangan manual merupakan jenis timbangan yang di kategorikan sebagai jenis timbangan mekanik. Hal ini dikarenakan cara kerja dari timbangan ini adalah secara mekanis yaitu dengan menggunakan sistem pegas. Adapun menurut wikipedia, kata pegas memiliki makna yaitu sebuah benda yang elastis yang dapat menyimpan energi mekanis. Untuk dapat mengetahui ukuran dan nilai dari timbangan manual ini biasanya cara kerjanya menggunakan jarum sebagai penunjuk pada benda yang sedang di timbang atau di ukur.

Timbangan digital

Timbangan Kue Dapur Digital
Timbangan Kue Dapur Digital

Selanjutnya kategori timbangan dan kegunaannya adalah timbangan digital. Timbangan digital ini termasuk salah satu timbangan era modern yang di kategorikan dalam kategori timbangan elektronik. Hal ini sudah bisa di lihat secara langsung cara kerja timbangan ini yaitu menggunakan energi listrik sebagai sumber daya untuk menjalankan alat ini agar dapat mengukur sebuah benda. Adapun data yang ditampilkan oleh jenis timbangan ini adalah berupa angka yang terlihat digital. Jenis timbangan digital sudah banyak sekali digunakan yaitu untuk mengukur berat badan yang biasan anda temui di puskesmas, atau rumah sakit. Anda hanya tinggal melangkahkan kaki pada timbangan tersebut untuk berdiri tegap lalu secara otomatis timbangan ini akan memberikan angka digital sebagai hasil dari pengukuran berat badan anda.

Timbangan hybrid

Macam macam timbangan dan kegunaannya selanjutnya yaitu timbangan hybrid. Bisa dibilang timbangan hybrid ini dapat dimasukkan dalam dua kategori yaitu perpaduan secara manual dan elektronik. Lebih lagi, jenis timbangan ini sudah mampu untuk mengukur dengan menampilkan hasil pengukuran yang di input pada komputer yang diinputkan pada IOT. Adapun untuk jenisnya dibedakan menjadi beberapa kategori yaitu timbangan badan yang dipakai untuk menimbang berat anak-anak maupun orang dewasa. Selanjutnya adalah timbangan lantai, yakni sebuah alat ukur yang cara pemakaiannya dengan di letakkan pada lantai untuk mengukur benda yang memiliki volume yang cukup besar. Selanjutnya adalah timbangan gantung yang bekerja secara prinsip tuas dengan cara di gantung, timbangan duduk, sebuah alat ukur yang cara penggunaannya menggunakan sebuah kotak seperti tempat duduk, dan jenis timbangan lainnya seperti timbangan meja dan timbangan counting.

Tidak ada komentar: