Manfaat PTK SD Bagi Guru

Rabu, 09 Mei 2018

Manfaat PTK SD Bagi Guru

Dalam dunia pendidikan, untuk upaya menemukan cara pengajaran yang tepat, maka guru dituntut untuk mengajar dengan beragam strategi. Strategi yang dilakukan tentu dapat menjadi penunjang pengajaran di mana siswa akan menjadi lebih mudah memahami pelajaran yang diajarkan dan pelajaran bisa disampaikan dengan lebih baik. Salah satu strategi yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas atau PTK. Pada kesempatan ini, kita akan membahas terkait PTK SD yang cukup penting untuk menemukan strategi pengajaran yang tepat.

PTK SD
PTK SD

Di Indonesia sendiri, PTK kini mendapatkan atensi yang cukup besar dalam dunia pendidikan. Ada beberapa hal yang mendasari hal tersebut, diantaranya adalah PTK mampu memberikan hasil yang bisa dimanfaatkan guru secara langsung guna meningkatkan pembelajaran yang dimiliki. Selain itu, tentu masih banyak manfaat PTK, terutama untuk siswa SD. Adapun beberapa manfaat dari PTK yang dilakukan khususnya untuk siswa SD adalah sebagai berikut:
 Dalam hal ini, PTK merupakan salah satu cara yang tepat dan baru untuk memperbaiki serta meningkatkan kemampuan guru dalam mengajar, khususnya pada proses pembelajaran kelas. Selain itu, strategi PTK SD juga merupakan salah satu cara yang tepat untuk meningkatkan pemahaman riil guru terkait pembelajaran siswa. Dengan ini, tentu masalah di kelas bisa ditanggulangi dengan lebih baik.
 Melalui PTK, guru SD bisa melakukan penelitian terkait beragam masalah aktual yang mereka hadapi dalam pelajaran yang mereka ampu. Dengan strategi ini maka guru bisa melakukan tindakan secara langsung guna memperbaiki atau meningkatkan praktik pembelajaran yang kurang berhasil. Strategi ini akan sangat menarik karena akan membuat pelajaran dapat berlangsung dengan lebih efektif dan juga tentu lebih baik.
 PTK bersinergi dengan proses pembelajaran. Dalam hal ini, ketika seorang pengajar melakukan PTK SD, maka secara tidak langsung ia tidak akan meninggalkan profesinya sebagai pengajar. Secara singkat, PTK dan kegiatan mengajar bisa dilakukan bersama-sama. Tentu saja hal ini dapat menjadi alasan kenapa PTK disarankan dilakukan.
 Dengan pelaksanaan PTK, maka guru bisa melakukan penelitian mengenai adanya kesenjangan antara permasalahan teori dan praktik. Seringkali kedua hal ini tampak begitu berlawanan dan seringkali tumpang tindih. Adanya kesenjangan ini tentu saja akan sangat merugikan. Nah, strategi PTK SD hadir untuk menyelesaikan problem tersebut. Dalam praktiknya, guru bisa memilih teori mana yang sesuai dan praktik apa yang harus dilakukan. Jika teori dan praktik bisa bersinergi, pelajaran akan bisa disampaikan dengan lebih padat, jelas dan lebih mudah dipahami oleh para siswa.
 PTK bisa dilakukan dengan cara kolaborasi bersama dengan pihak lain yang terkait. Misalnya, seorang guru bisa melakukan PTK dengan mengajak guru lain yang mengampu mata pelajaran yang linier. Bahkan, guru juga bisa mengajak kepala sekolah atau tenaga pengajar lainnya untuk mengaji masalah yang terjadi. Hal ini tentu sangat menguntungkan di mana penelitian ini akan terlaksana dengan lebih mudah.
Dari beberapa penjelasan di atas, bisa dikatakan bahwa PTK SD merupakan salah satu strategi yang tepat untuk mengatasi permasalahan yang terjadi dalam proses belajar dan mengajar. Dengan adanya strategi ini, maka seorang guru akan lebih bisa melakukan pembelajaran secara efektif sesuai dengan kebutuhan para siswa. Selain itu, adanya PTK juga bisa menjadi solusi yang tepat atas masalah-masalah yang terjadi pada siswa selama proses pengajaran berlangsung. Tentu saja, untuk melakukan PTK ini ada beberapa koridor dan tata cara yang harus senantiasa dipelajari dengan lebih lanjut.

Tidak ada komentar: