Materi Ipa Kelas 9 Ktsp 2006

Selasa, 08 Mei 2018

Materi Ipa Kelas 9 Ktsp 2006

KTSP atau kurikulum tingkat satuan pendidikan merupakan kurikulum yang diresmikan pada tahun 2006. Lalu pada tahun 2013, diganti dengan kurikulum 2013. Kurikulum 2013 menjadi penyempurnaan dari ktsp. Sehingga peserta didik, bisa memahami materi dengan baik dan memiliki karakter yang lebih baik lagi. Untuk materi IPA kelas 9 KTSP masih sering digunakan, untuk kurikulum 2013. Karena memang tak begitu banyak perubahan yang terjadi.
Tujuan dari ktsp untuk membuat siswa lebih mandiri. Sehingga siswa lebih aktif dalam memahami semua semua materinya. Sedangkan guru hanya sebagai fasilitator. Guru tidak lagi harus menerangkan semua materi di depan kelas. Tapi siswa harus ikut aktif menyelesaikan persoalan yang diberikan. Selain itu membuat kompetensi yang sehat diantara satuan pendidikan. Sehingga setiap sekolah lebih mandiri dan berkualitas. Berikut ini beberapa materi ipa yang dipelajari di kelas 9.

Teknologi reproduksi dan bioteknologi

Kelas 9 materi yang dipelajari memang lebih komplek lagi. Materi ini siswa harus paham tentang pengertian dan contoh teknologi reproduksi dan bioteknologi. Rekayasa reproduksi ini meliputi, bayi tabung, kloning, kultur jaringan. DNA rekomenidasi dan masih banyak lainnya. Ada banyak sekali dapat positif dan negatif dari perkembangan teknologi reproduksi dan bioteknologi. Hal ini juga berhubungan dengan bidang pertanian, perternakan dan lainnya.

Listrik statis

Di buku ipa kelas 9 ktsp ini juga mempelajari tentang materi listrik statis. Termasuk pengertian listrik statis, contohnya, muatan pada listrik statis dan lainnya. Siswa juga harus memahami tentang hukum coulomb yang berhubungan dengan gaya yang terdapat di dua muatan. Guru bisa memberikan contoh listrik statis secara langsung ke siswa. Sehingga siswa lebih mudah memahaminya.

Elemen dan arus listrik

Selain mempelajari tentang listrik statis. Di kelas 9 juga mempelajari tentang elemen dan arus listrik. Disini ada materi pengertian arus listrik, arus listrik yang timbul di sebuah rangkaian tertutup. Kuat arus listrik, rangkaian listrik terbuka dan tertutup dan gaya gerak listrik. Ada banyak materi listrik yang dipelajari di kelas 9 ini. Termasuk rangkaian listrik, kemagnetan, dan elektromagnetic.

Sistem ekskresi manusia

Materi sistem ekskresi manusia, membahas tentang pengertian, contoh dan lainnya. Di kelas 9 ini banyak membahas tentang manusia. Ekskresi berarti sistem pengeluaran pada manusia. Siswa harus paham tentang hal. Mengenai rangkaian sistem eksreksi yang ada di manusia. Sehingga bisa dikeluarkan dari dalam tubuh.

Sistem koordinasi dan alat indera pada manusia

Tubuh manusia saling berkoordinasi satu sama lain. Sehingga bisa menjalankan semua sistem yang ada. Di materi ini siswa harus memahami sistem koordinasi apa saja yang ada di manusia dan fungsi alat indera manusia. Seperti mata,tangan, lidah, kulit, dan kuping. Siswa juga harus memahami struktur dari setiap sistem indera yang ada di manusia.

Sistem reproduksi pada manusia

Setelah mempelajari tentang sistem eksresi dan sistem koordinasi. Siswa juga harus mempelajari tentang sistem reproduksi pada manusia. Materi yang dipelajari mungkin hanya dasarnya saja. Belum selengkap materi sistem reproduksi yang ada di sekolah menengah atas. 
Masih banyak bab yang harus di pelajari di ipa kelas 9 ktsp. Seperti kelangsungan makhluk hidup, pewarisan sifat, dan lainnya. Siswa juga harus mempelajari materi untuk persiapan ujian nasional. Oleh karena itu guru, harus memakai metode pembelajaran yang tepat. Jangan sampai membuang waktu dan semua materi tidak terselesaikan.

Tidak ada komentar: