Mengenal Lebih Dekat Dengan Koperasi Kemuning

Selasa, 08 Mei 2018

Mengenal Lebih Dekat Dengan Koperasi Kemuning

Ketika kita mendengar istilah kata “koperasi” maka telinga kita sudah tidak asing lagi dari jaman sekolah SD sudah ada pelajaran yang mengenalkan kita tentang koperasi. Salah satu koperasi yang ada di Indonesiaantara lain adalah koperasi kemuning. Koperasi kemuning sejahtera merupakan sebuah koperasi yang sudah lama di dirikan yaitu semenjak April pada tahun 2007. Adapun koperasi ini pertama kali didirikan oleh warga kemuning itu sendiri tepatnya RW 06 yang dimana yang menjadi anggotanya adalah warga rt dan rw setempat. Mengenai nama koperasi kemuning sejahtera itu sendiri diambil dari nama daerahnya yaitu Kemuning dan sejahtera memiliki arti kesejahteraan dengan harapan dengan berdirinya koperasi ini akan dapat memberikan kesejahteraan terhadap warga dan anggotanya.
Koperasi Kemuning
Koperasi Kemuning

Sejarah koperasi kemuning

Walaupun koperasi kemuning ini sudah ada berdiri sejak April pada tahun 2007, namun secara sah badan hukum koperasi ini di sahkan pada tanggal 04 Desember tahun 2008 menjadi salah satu koperasi yang memiliki badan hukum dengan nomor 664/BH/XII.4/829.31/2008. Pada awalnya koperasi ini masih beranggotakan sedikit namun semakin hari dengan perkembangannya yang semakin bagus,koperasi ini sekarang telah memiliki anggota dengan jumlah 460orangdari yang awalnya hanya 23 orang. Dengan pelayanan dan sistemnya yang mumpuni tentunya membuat koperasi ini semakin banyak dikenal dimasyarakat dan semakin banyak orang-orang yang masuk menjadi anggotanya.selain itu, koperasi ini juga mengikutsertakan semua kalangan masyarakat yang ada tanpa ada membedakan suku,ras, bahasa, dan agama karena sesungguhnya perbedaan merupakan sebuah alat untuk mempersatukan bangsa untuk saling membantu dalam memecahkan masalah pada bidang ekonomi khususnya.

Sistem koperasi kemuning

Adapun mengenai sistem yang di terapkan pada koperasi kemuning ini yakni menggunakan sistem tagihan harian. Sedangkan nominal simpanan pokok yang harus dibayarkan untuk setiap anggota yaitu 250 ribu peranggota. Sedangkan untuk simpanan wajibnya adalah 20 ribu/bulan. Bagi warga atau anggota koperasi kemuning juga akan menerima santunan bagi anggota yang mengalami musibah seperti kecelakaan, meninggal, dan lain sebagainya.

Jenis usaha koperasi kemuning

Adapun mengenai jenis usaha yang di gunakan oleh koperasi kemuning sejahtera itu sendiri yakni bidang simpan pinjam dan unit usaha. Bidang simpan pinjam ini di lakukan dengan memberikan modal untuk usaha kecil untuk para warga Kelurahan Pejatan Timur dan sekitarnya dan unit usahanya yaitu dengan memberikan pelayanan online berupa pulsa listrik, internet, telepon, tiket kereta. Pulsa hp, layanan indovision dan masih banyak lainnya.

Program kerja pengawas kemuning

Adapun mengenai program kerja pengawas koperasi kemuning adalah sebagai berikut.
1. Yaitu melakukan pengawasan khusus yang di lakukan wajib pada 3 bulan sekali yaitu tepatnya pada bulan April, Juli, Oktober, dan bulan Januari.
2. Akan di adakannya rapat evaluasi oleh badan pengawas yang di lakukan 3 bulan sekali
3. Rapat koordinasi badang pengawas yang di lakukan wajib untuk setiap bulannya.
4. Mengawasi kerja untuk para karyawan dan para pengurus.
5. Dewan pengawas secara khusus akan memberikan bimbingan kepada karyawan dan pengurus mengenai hal pembukuan dan double entry.
6. Membantu mensosialisasikan kepada masyarakat luas yang di bantu oleh pengurus agar masyarakat tertarik menjadi anggota.
7. Mendampingi para pengurus dalam hal kunjungan kepada anggota
8. Memberikan bimbingan dan dampingan kepada pengurus mengenai hal penyelesaian pinjaman yang macet alias tersendat.
9. Mengawasi pelaksanaan usaha yang di laksanakan seperti usaha simpan pinjam dan lainnya.

Tidak ada komentar: