Mengenal Lebih Jauh Koperasi Alfamart di Indonesia

Minggu, 20 Mei 2018

Mengenal Lebih Jauh Koperasi Alfamart di Indonesia

Koperasi Alfamart - Di indonesia banyak sekali bebagai macam layanan yang menyediakan simpan pinjam yang memiliki ketentuan masing-masing. Seperti halnya koperasi karyawan. Penahkah Anda mendengar koperasi karyawan? Jika belum pernah, koperasi karyawan ini sama halnya dengan koperasi kopkar. Sebagian orang mengetahui tentang koperasi karyawan ini dengan sebutan kopkar. Koperasi kopkar ini merupakan salah satu jenis dari banyak jenis koperasi lainnya. 

koperasi alfamart tomira
Koperasi Alfamart Tomira



Dalam kegiatan koperasi karyawan ini pastinya berhubungan dengan bidang ekonomi. lagi pula koperasi ini dengan koperasi lainnya memiliki tujuan yang sama yaitu untuk memakmurkan kesejahteraan anggota maupun masyarakat umum. Contoh koperasi jenis ini yaitu seperti koperasi Alfamart. Koperasi Alfamart ini merupakan jenis koperasi karyawan.

Mengenal Koperasi Alfamart Indonesia

Seperti yang Anda ketahui bahwa koperasi Alfamart merupakan koperasi karyawan. Tujuan dalam koperasi Alfamart ini juga memiliki tujuan yang sama pada koperasi pada umumnya. Dalam menjadi satu anggota koperasi karyawan ini banyak hal yang di dapatkan. Seperti halnya keuntungan laba dan juga uang yang didapat. Ditambah lagi, keutungan yang didapat pada koperasi Alfamart ini yaitu pengalaman sebagai anggota koperasi Alfamart.

1.Macam- Macam Simpanan Di Koperasi Alfamart Indonesia

Dalam koperasi Alfamart ini memiliki 3 macam simpanan yaitu simpanan sukarela, wajib dan juga pokok.

a). Simpanan Sukarela

Simpanan sukarela merupakan simpanan yang ingin menyimpan dana secara sukarela tanpa ada rasa pamrih. Untuk itu, simpenan ini bersifat sukarela dari pihak anggota yang ingin menyimpan dana di koperasi karyawan.

b). Simpanan wajib

Simpanan wajib ini merupakan simpanan wajib bagi setiap anggota koperasi Alfamart ini. Simpanan ini wajib dikeluarkan setiap bulan. Dana yang dikeluarkan sudah disepakati oleh semua anggota koperasi Alfamart. Karena bersifat wajib maka setiap anggota wajib mengeluarkan dana untuk simpanan di koperasi Alfamart.

c). Simpanan pokok

Simpanan pokok merupakan simpanan yang diharuskan ada dalam keanggotaan koperasi dalam nilai tertentu. Dana yang harus di bayarpun sudah ditentukan. Dana harus dibayar selama satu kali dalam masa berlaku menjadi keanggotaan koperasi Alfamart ini.

2.Mekanisme Pembayaran Koperasi Alfamart

Mekanisme pembayaran simpanan sukarela, wajib dan juga pokok di koperasi Alfamart ini dengan cara payroll atau dengan cara potong gaji anggota. Adapun, perubabahan pembayaran simpanan sukarela dapat mengikuti peraturan dari koperasi Alfamart ini. Untuk itu, pembayaran koperasi padan simpanan wajib ini di potong gaji karyawan dan Anda tidak perlu khawatir lagi dengan pembayaran simpanan koperasi karyawan di koperasi Alfamart.

3.Kelebihan Mengikuti Koperasi Alfamart

Setiap koperasi pastinya memiliki kelebihan dengan ciri khas masing masing. Pada koperasi Alfamart ini memiliki kelebihan yang dimiliki. Kelebihan yang dimiliki oleh koperasi karyawan Alfamart yaitu pertama, melatih dan juga belajar berbisnis. Kedua, sebagai anggota koperasi karyawan ini, Anda harus memiliki prinsip tujuan koperasi ini yaitu menolong orang lain. Secara langsung Anda menolong anggota lain jika anggota tersebut membutuhkan dana. Dan yang ketiga, kelebihan yang didapat yaitu berupa bingkisan atau parsel pada hari raya. Kelebihan ini berupa non materi yang didapat dari koperasi Alfamart ini.

Untuk itu, demikianlah pembahasan diatas terkait tentang mengenal koperasi karyawan atau koperasi Alfamart di indonesia ini. Mengenai koperasi karyawan yang ada di koperasi Alfamart ini merupakan koperasi dalam keanggotaan di Alfamart. semoga pembahasan tetang koperasi Alfamart ini menjadi manfaat bagi Anda.

Tidak ada komentar: