Rabu, 09 Mei 2018

Menghafal Dengan Mudah Rumus IPA SMP

Rumus IPA SMP - Bagi para pembaca yang mempunyai anak atau adik masih duduk di bangku SMP tentunya harus selalu menyupport anak dalam kegiatan belajar mengajar. Menyesuaikan dengan kurikulum yang dibuat oleh pemerintah saat ini, anak kita dituntut untuk bisa mengerti dan memahami pelajaran yang mereka dapatkan di sekolah. Fakta yang perlu Anda ketahui, kurikulum untuk anak sekolah saat ini berbeda dengan dulu ketika kita berada di bangku sekolah, karena mata pelajaran yang diajarkan guru di sekolah anak-anak kita ini memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi dibandingkan dengan dulu. Oleh karena itu, sebagai orang tua kita perlu mengawasi kegiatan belajar anak kita di rumah agar mereka tidak tertinggal saat di sekolah.

Saat ini banyak sekali orang tua yang mengikut sertakan anak mereka dalam lembaga bimbingan belajar di luar sekolah ataupun mengikuti les secara privat di rumah untuk mengajarkan mata pelajaran Matematika, IPA serta Bahasa Inggris. Hal tersebut memang merupakan langkah yang baik untuk membantu anak kita dalam kegiatan belajar, namun alangkah baiknya apabila kita sendiri yang mengajarkan anak kita sembari mengontrol perkembangan anak sendiri sehingga terjalin hubungan yang lebih dekat. Anda tidak perlu takut karena tidak bisa mengajari anak Anda, karena saat ini banyak sekali panduan di internet yang memberi fasilittas kepada Anda dengan mudah. Jika Anda kurang menguasai pelajaran IPA, Anda dapat mengikuti artikel ini yang akan membahas mengenai rumus gaya pelajaran IPA sehingga dapat memudahkan Anda untuk mengajari anak di rumah.

Rumus IPA SMP Menghitung Tekanan dan Gaya

Sebenarnya pelajaran IPA bukanlah pelajaran yang sulit karena pada dasarnya pelajaran tersebut mengenai kehidupan di sekitar kita yang bisa kita hitung menggunakan rumus yang telah ditemukan oleh ilmuwan terdahulu. Terdapat berbagai macam rumus IPA SMP yang kita temui di sekolah, salah satunya yaitu rumus gaya pada pelajaran fisika. Meskipun terlihat sederhana, namun Gaya memiliki berbagai macam rumus turunan yang bisa kita gunakan sesuai dengan kebutuhan. Rumus mengenai gaya dan tekanan yang dapat kita aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut.


Keterangan:
P: Tekanan
F: Gaya (Newton)
A: Luas alas atau penampang
Hasil perhitungan rumus tekanan diperoleh dari perhitungan gaya dikalikan dengan luas alas atau penampang. Sesuai dengan aturan SI atau Satuan Internasional satuan yang digunakan untuk gaya adalah Newton, untuk tekanan adalah newton per meter per segi dan untuk luas penampang adalah meter persegi. Contoh perhitungan tekanan sesuai dengan rumus tekanan yang telah dituliskan adalah sebagai berikut.

Apabila kita ingin memindahkan benda yang memiliki alas dengan luas sebesar 10 meter persegi dengan menggunakan gaya sebesar 100 Newton, berapakah tekanan yang harus kita kita berikan untuk benda tersebut?

Berdasarkan rumus IPA SMP mengenai tekanan dan gaya gaya, kita dapat memindahkan beda tersebut dengan memberikan tekanan sebesar 10 Newton per meter persegi. Mudah bukan cara perhitungan rumus tekanan? Anda juga dapat menghitung gaya dengan cara mengalikan besarnya tekanan dengan besarnya luas alas penampang. Anda dapat mengotak-atik rumus tersebut sesuai dengan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan pada soal. Ajari anak Anda dengan berbagai variasi soal agar bisa menggunakan rumus tersebut dengan baik untuk perhitungan sesuai dengan soal yang diberikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar