Menghafal Rumus IPA Kelas 7 8 9 Dengan Mudah

Rabu, 09 Mei 2018

Menghafal Rumus IPA Kelas 7 8 9 Dengan Mudah

Rumus IPA kelas 7 8 9 - Mata pelajaran IPA yang terdiri atas kimia, fisika dan biologi pastinya sempat menjadi momok bagi beberapa orang diantara pembaca yang saat ini duduk di bangku sekolah ataupun pernah menjadi pelajar. Namun sebaliknya untuk beberapa orang mata pelajaran IPA menjadi pelajaran favorit di sekolah. Alasan beberapa orang yang tidak begitu menyukai pelajaran IPA diantaranya karena terdapat banyak rumus yang mereka anggap rumit dan juga mereka harus menghafalkan semua rumus tersebut. Selanjutnya untuk pelajaran IPA khususnya fisika dan kimia, selain harus menghafal rumus Anda juga harus menghitung hal itu yang membuat banyak pelajar kurang menyukai pelajaran IPA.
Bagi penulis sendiri, pelajaran IPA merupakan pelajaran favorit di sekolah, kita tidak perlu menghafal banyak rumus yang diberikan oleh guru di sekolah. Kita hanya perlu menghafal beberapa rumus inti yang selanjutnya bisa kita turunkan sendiri menyesuaikan dengan kasus yang akan kita kerjakan. Menghafal rumus IPA juga bukan hanya sekedar menghafal perkalian atau pembagian, namun di dalam rumus tersebut terdapat konsep yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari bila kita bisa memahami maknanya. Pada kesempatan kali ini penulis akan memberikan tips menghafalkan rumus IPA dengan mudah agar pembaca bisa mengikuti pelajaran di sekolah tanpa ada rasa takut dengan pelajaran tersebut.

Rumus IPA Kelas 7 8 9 Menghitung Gaya

Salah satu pelajaran IPA yang penulis sukai di sekolah adalah Fisika yang membahas mengenai kecepatan, percepatan, getaran, daya, tekanan serta gaya. Pada artikel ini penulis akan membahas mengenai gaya yang merupakan salah satu rumus dasar pelajaran fisika yang harus dimengerti oleh para pelajar untuk memudahkan memahami turunan rumus yang lain. Dalam ilmu fisika gaya berarti sesuatu yang bisa menyebabkan benda bisa mengalami perubahan posisi atau keadaan. 

Terdapat bermacam-macam rumus gaya yang kita ketahui dimana rumus tersebut dibedakan sesuai dengan kebutuhan peneliti. Gaya yang mempunyai satuan Newton bisa dilambangkan ke dalam beberapa simbol yaitu F dan W tergantung dimana posisi gaya yang peneliti maksudkan. Rumus IPA kelas 7 8 9 mengenai gaya dan keterangan atau penjelasannya beserta cara perhitungannya adalah sebagai berikut.
Keterangan:
F: Gaya (Newton)
m: Massa atau berat (g atau kg)
a: percepatan
Hasil perhitungan rumus gaya diperoleh dari perhitungan massa dikali dengan percepatan. Untuk mengikuti SI atau Satuan Internasional biasanya kita menggunakan satuan kilogram untuk massa dan satuan meter per detik kuadrat untuk percepatan. Contoh perhitungan gaya sesuai dengan rumus yang tertera di atas adalah sebagai berikut.

Apabila kita ingin memindahkan benda dengan berat 5 kilogram dengan percepatan 0,2 meter per detik kuadrat, berapakah gaya yang kita perlukan untuk memindahkan barang tersebut?

Berdasarkan rumus IPA kelas 7 8 9 mengenai gaya, kita dapat memindahkan beda tersebut dengan gaya sebesar 1 Newton. Mudah bukan cara perhitungan rumus tentang gaya? Anda juga dapat menghitung gaya guna mengenai pada kekuatan berapa gaya yang harus diberikan untuk mendorong mobil pada percepatan yang diinginkan, dengan syarat utama mengetahui berapa berat mobil yang akan di dorong. Ilmu IPA yang dipelajari di sekolah pastinya selalu berkaitan dengan kehidupan di sekitar kita, jadi tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak menyukai pelajaran tersebut.

Tidak ada komentar: