Peternak sapi dan kambing membutuhkan rumput sebagai bahan utama makanan ternak. Rumput yang panjang dan besar perlu dipotong kecil-kecil agar dapat dijadikan makanan ternak. Peternak menggunakan alat pemotong rumput manual untuk memotong rumput, akibatnya peternak menghabiskan banyak waktu hanya untuk menyiapkan makanan hewan ternak. Salah satu cara mengatasi hal itu adalah dengan menggunakan mesin pencacah rumput. Mesin pencacah rumput adalah alat untuk mencacah (memotong) rumput menjadi kecil-kecil. Rumput yang dicacah biasanya rumput gajah, rumput kolonjono, tebu batang jagung hingga jerami. Rumput akan berukuran 0,5 sampai 1 cm setelah terpotong kecil-kecil. Rumput hasil cacahan dapat digunakan sebagai pupuk kompos atau makanan hewan ternak. Efisiensi waktu dan kerapian rumput adalah manfaat utama penggunaan mesin pencacah rumput. Mesin pencacah rumput terdiri atas beberapa model dengan spesifikasi yang berbeda. Kapasitas mesin pencacah rumput beragam, mulai dari 80 kg- 100 kg/jam hingga 1500-2000 kg/jam. Mesin pencacah rumput mini adalah mesin pencacah rumput dengan kapasitas kecil, 80 kg - 100 kg/jam.

Mesin Pencacah Rumput
Mesin Pencacah Rumput

Cara Kerja Mesin Pencacah Rumput Mini

Cara kerja mesin pencacah rumput mini sangat sederhana. Mesin pencacah rumput yang berkapasitas kecil ini mempunyai ruang giling dan pisau yang berputar pada poros di bagian sisi dalamnya. Rangkaian pisau berbahan stainless steel yang tajam inilah yang akan bekerja secara berkesinambungan untuk mencacah rumput menjadi potongan yang kecil-kecil. Mesin pencacah rumput menggunakan bahan stainless steel karena bahan ini tahan getah dan membuat mesin awet (tahan lama). Pisau yang semakin tajam dalam ruang giling menghasilkan cacahan rumput yang semakin kecil. Semakin cepat mesin cacahan rumput maka hasil cacahan semakin halus. Cacahan rumput yang halus mempermudah sapi dan kambing mencerna makanan mereka. Cacahan rumput yang halus memberikan nilai jual yang tinggi bagi peternak.

Cara Membuat Mesin Pencacah Rumput

Mesin pencacah rumput dapat diproduksi sendiri. Bahan yang diperlukan sederhana dan mudah didapatkan. Berikut ini adalah cara membuat mesin pencacah rumput sendiri.
Bahan yang diperlukan :
  • Dinamo pompa air
  • Mata pisau mesin pemotong rumput
  • 2 buah papan kayu dengan ketebalan 3 cm. Papan kayu pertama berukuran 20x40 cm dan papan kayu kedua berukuran 10x40 cm
  • 4 buah papan kayu untuk kaki-kaki mesin, dengan ketebalan 3 cm. 2 buah papan kayu berkuran 15x40 cm dan 2 buah papan kayu berukuran 5x40 cm
  • 1 buah papan kayu dengan ketebalan 1 cm. Panjang dan lebar menyesuaikan mata pisau.
  • 4 buah kayu balok berukuran 3x4 cm dengan panjang 50 cm
  • Paku secukupnya
  • 4 buah kunci 12
  • Plat berukuran 1mm
Cara membuat :

  • Membuat kaki-kaki.

Susunlah kayu balok berukuran 3x4 cm dengan papan kayu berukuran 5x40 cm dan 15x40 cm hingga terbentuk dua buah segi empat.
Gabungkan dua buah segi empat yang telah terbentuk dengan papan kayu berukuran 20x40 cm di bagian belakang dan 10x40cm di bagian depan atas.
Buat lubang sepanjang 2 cm pada papan kayu berukuran 20x40cm yang akan menjadi dudukan mesin. Buat 4 buah lubang.
  • Membuat pembatas depan dan belakang.
Siapkan 1 buah papan kayu dengan ketebalan 1 cm.
Lubangi sekat bagian belakang lurus dengan AS dinamo pompa air. Lubang ini digunakan sebagai tempat memasukkan rumput.
Ambil setengah dari sekat depan, karena sekat bagian bawah adalah tempat rumput keluar.
  • Pemasangan Dinamo.
  1. Pasang pembatas depan dan pembatas belakang.
  2. Pasang dinamo di tempat yang telah disiapkan.
  3. Pasang pisau pemotong di tengah.
  4. Sesuaikan pembatas bagian belakang dengan kerapatan pisau.
  5. Mesin pencacah rumput sudah bisa digunakan
Untuk anda yang kurang tertarik membuat mesin pencacah rumput sendiri, Anda dapat membeli mesin pencacah rumput mini seharga 2,4 jutaan. Demikianlah artikel mengenai mesin pencacah rumput mini. Semoga bermanfaat.

Related Posts