Selasa, 08 Mei 2018

Mesin Steam Rusak Mari kita Perbaiki

Anda yang memiliki usaha cuci mobil, motor hingga usaha cuci AC pasti pernah mengalami kendala, saat mesin steam jet cleaner anda tiba-tiba rusak. Satu mesin steam yang rusak pasti akan menghambat kinerja anda. Biasanya 1 hari anda dapat mencuci 10 - 20 motor, karena mesin steam anda rusak, akhirnya anda tidak dapat mencuci sebanyak biasanya. Untuk memperbaiki mesin steam yang rusak, anda tidak perlu ke bengkel. Anda dapat memperbaikinya di rumah. Bagaimana cara memperbaiki mesin steam rusak? Artikel ini akan membahasnya dengan seksama. Simak ulasannya berikut ini.

Mesin Steam
Mesin Steam Merek Varem V202

Cara Memperbaiki Mesin Steam yang Rusak

Sebelum memperbaiki mesin steam yang rusak, perhatikanlah beberapa hal berikut. Hal - hal yang perlu diperhatikan dalam memperbaiki mesin steam rusak.
  • Anda harus mengerti bagaimana cara kerja dari mesin steam yang anda pakai. Jangan asal membongkar mesin, kalau anda belum tau bagaimana cara merakitnya kembali.
  • Perhatikanlah komponen apa saja yang anda lepas saat membongkar mesin
  • Anda harus memiliki alat perlengkapan yang lengkap seperti obeng, kunci L
  • Lepaslah kabel penghubung yang masih terhubung dengan arus listrik, jangan pernah membongkar kabel penghubung, saat kabel masih terhubung dengan arus listrik.

Masalah yang terjadi saat mesin steam rusak adalah.

1. Air yang keluar terlalu kecil.
Periksalah lubang isap yang terletak di filter air. Air yang terlalu kecil bisa disebabkan oleh kotoran yang menyumbat lubang isap. Apabila air yang keluar masih terlalu kecil maka periksalah badan dari mesin steam listrik, bukalah kepala silinder yang merupakan tempat penampung drainage. Periksalah penampung drainage tersebut, apabila penampung drainage sudah rusak, seperti robek dan aus (susut), anda perlu menggantinya dengan yang baru.

2. Mesin tidak bisa mendorong air keluar.
Periksalah selang air pada saat mesin tidak bisa mendorong air keluar. Terkadang anda lupa melepas selang air setelah mencuci motor dengan mesin cuci motor, sehingga menyebabkan tekanan air tertahan dan tidak bisa keluar. Lepaslah selang air pada mesin steam terlebih dahulu, kemudian hidupkan kembali mesin steam listrik sehingga menyebabkan air yang tertahan bisa keluar. Matikan mesin steam listrik dan pasang selang air, dan mesin steam anda telah kembali bisa bekerja.

3. Suara Mesin terdengar tidak stabil.
Periksalah selang anda, karena suara mesin yang tidak stabil bisa jadi merupakan tanda kebocoran selang. Periksa juga sambungan dari mur dari mesin steam, apakah rapat atau mulai longgar. Apabila setelah diperiksa, suara mesin masih terdengar tidak stabil, gantilah o-ring seals (komponen berbentuk cincin yang terbuat dari karet plastik) pada mesin steam listrik anda. 

4. Mesin tiba-tiba mati dan suara mesin jadi berdengung
Anda telah menyambungkan mesin pada listrik dan mengklik tombol on, namun mesin tetap mati dan terdengar suara mendengung. Hal yang perlu anda lakukan adalah mencabut kabel listrik. Putarlah mesin dinamo sampai berputar agar seal dalam mesin tidak kering. Putarlah sampai putaran mesin dinamo terasa lebih ringan bila diputar.

Cara Merawat Mesin Steam Listrik agar tidak rusak.

Supaya mesin steam listrik anda tahan lama, lakukanlah langkah perawatan berikut.
  • Cek seal mesin anda secara rutin dan lakukan penggantian bila seal mesin anda rusak.
  • Jangan terlalu kuat memacu mesin steam listrik. Mesin steam yang dipacu terlalu kuat akan mudah rusak.
  • Apabila sudah selesai menggunakan mesin, jangan lupa mematikannya.
Demikianlah artikel mengenai cara mengatasi mesin steam rusak. Semoga bermanfaat.
Mesin Steam Rusak Mari kita Perbaiki Rating: 4.5 Posted by: Justin Trudeau

0 komentar:

Posting Komentar