Selasa, 08 Mei 2018

Pemahaman Materi Ipa Kelas 8 Semester 2

Sebentar lagi anak kelas 8, akan menghadapi ujian semester genap. Tentunya harus memahami materi apa saja yang sudah dipelajari. Karena ketika ujian, semua materi selama 1 semester akan diujikan. Untuk mendapatkan nilai yang bagus, peserta didik harus belajar dengan sungguh dan mempelajari semua materi yang diajarkan. Supaya mudah, kita akan membagikan rangkuman materi IPA kelas 8 semester 2.

Buku Ipa Kelas 8
Buku Ipa Kelas 8

Di semester 2 ini, ada hanya 4 materi yang dipelajari. Tapi setiap materinya terdiri dari sub bab yang banyak. Untuk kelas 8, materi pembelajarannya sudah semakin fokus dan banyak membahas fisika. Bukan materi umum, seperti di kelas 7. Tentunya pelajarannya lebih sulit dan rumit. Tapi harus tetap dipahami dengan sebaik mungkin.

Materi energi dan usaha

Di bab ini membahas semua hal tentang energi dan usaha. Termasuk rumus-rumus perhitungan energi di sebuah benda. Energi merupakan kemampuan suatu benda untuk melakukan usaha. Peserta didik akan mempelajari tentang pengertian usaha dan energi serta contohnya. Seperti energi panas, energi listrik, nuklir dan lainnya. Materi ini juga bisa dipelajari langsung. Melihat sumber energi yang ada di bumi ini. Misalnya pemanfaatan energi untuk kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya. Selain itu mempelajari tentang rumus energi potensial. Kinetik, hukum kekekalan energi dan lainnya.

Tekanan

Selain mempelajari energi dan usaha. Peserta didik juga mempelajari tentang tekanan. Tekanan merupakan gaya di permukaan benda. Di materi ini, siswa juga mempelajari tentang hukum pascal, hukum archimedes, tekanan udara dan lainnya. Materi ini pun masih berhubungan dengan energi dan usaha. Ada banyak rumus dan latihan soal, yang dipelajari disini. Sehingga guru, harus memberikan materi dengan sebaik mungkin.

Getaran dan gelombang

Materi IPA kelas 8 semester 2 selanjutnya adalah getaran dan gelombang. Materi ini masih berhubungan dengan fisika. Siswa harus memahami tentang pengertian dan contoh getaran dan gelombang. Selain membedakan arah rambat transversal dan longitudinal. Hubungan antara cepat rambat, periode gelombang, cepat panjang dan lainnya. Lalu pemahaman tentang gelombang bunyi yang bergerak ke segala arah dan rumus cepat rambatnya. Disini ada banyak soal, yang harus dipelajari dan dipahami seluruh siswa.

Optika

Materi terakhir yang harus dipelajari di semester 2 ini adalah optika. Ada banyak sub materi di bab ini. Siswa harus memahami tentang sumber cahaya, cahaya sebagai partikel gelombang. Hukum pemantulan cahaya, hukum pembiasan cahaya, jenis alat optik, dan lainnya. Materi ini akan lebih mudah, kalau dipelajari secara langsung. Siswa diajak mengenali contoh alat optik langsung. Sehingga tahu kegunaannya. 

Di semester dua ini, memang tidak begitu banyak bab yang dipelajari. Tapi setiap bab, memiliki banyak sub bab. Sehingga pemahaman siswa harus dilakukan dengan baik. Semester dua ini, memang lebih banyak materi fisika dibandingkan biologi. Supaya siswa lebih mudah memahami semua materi, gunakan metode pembelajaran praktik. Sehingga siswa dapat mempraktekan langsung, materi yang dia pelajari di kelas. Karena ipa selalu berhubungan dengan lingkungan sekitar. Ada banyak hal yang bisa kita pelajari dari lingkungan ini.

Semua materi itu sudah masuk di buku ipa kelas 8 semester 2 revisi. Jadi masuk ke revisi yang baru. Bukan materi lama. Semua materi akan dipelajari langsung untuk ujian akhir semester 2. Oleh karena itu siswa harus memahami materinya, supaya mendapatkan nilai yang bagus.
Pemahaman Materi Ipa Kelas 8 Semester 2 Rating: 4.5 Posted by: Justin Trudeau

0 komentar:

Posting Komentar