Pinjaman pelajaran negeri perak adalah kalimat dalam bahasa melayu, yang artinya pinjaman pendidikan untuk pelajar di negara bagian di Malaysia (Perak). Perak adalah negara bagian terbesar ke empat di Malaysia. Pinjaman pendidikan di negeri perak bertujuan untuk menyediakan fasilitas pinjaman pendidikan untuk warga negara Malaysia, khususnya anak anak negeri Perak. Anak-anak yang memenuhi persyaratan untuk melanjutkan studi di lembaga pendidikan tinggi yang telah ditetapkan akan mendapat pinjaman pendidikan. Pinjaman pendidikan diberikan agar anak-anak termotivasi menyelesaikan pendidikan dengan maksimal dan dapat berkontribusi pada negara Perak setelah lulus nanti. Pinjaman ini berlaku untuk program diploma, sarjana, magister dan doktor selama masa studi berlangsung.

Pinjaman Pelajaran Negeri Perak
Pinjaman Pelajaran Negeri Perak

Cara Memohon Pinjaman Pelajaran Negeri Perak

Pelamar yang ingin mengajukan pinjaman pendidikan di Perak dapat mengunjungi situs
1. atau
2. Situs Negara Bagian Perak di www.perak.gov.my
Pastikan anda membaca daftar ketentuan aplikasi sebelum mengisi formulir aplikasi
Syarat Permohonan Pinjaman Pelajaran Negeri Perak
Apa saja syarat pelamar yang dapat memohon pinjaman pelajaran negeri perak? Simak syarat dan ketentuannya berikut ini.
  1. Pelamar dan orangtua pelamar harus dilahirkan di negara bagian Perak.
  2. Pelamar dan orangtua pelamar yang lahir di luar negara Perak bisa mengajukan permohonan dengan syarat sudah tinggal di Perak selama minimal 10 tahun.
  3. Pelamar dan orangtua pelamar yang lahir di Perak tetapi tinggal di luar Perak juga dapat mengajukan permohonan dengan syarat sudah tinggal di Perak selama minimal 10 tahun.
  4. Pelamar harus menamatkan pendidikan sampai selesai.
  5. Pelamar yang sedang belajar diperbolehkan mendaftar dengan syarat sudah mengikuti kegiatan belajar mengajar selama 3 semester atau 1,5 tahun.
  6. Pendapatan orangtua tidak boleh melebihi 5000 ringgit (17.800.000 rupiah).
  7. Umur pelamar per tanggal 1 Juli adalah
b) Jenjang Diploma : tidak lebih dari 26 tahun dan 41 tahun untuk yang telah bekerja pada pemerintah Malaysia
c) Jenjang Sarjana : tidak lebih dari 36 tahun dan 41 tahun untuk yang telah bekerja pada pemerintah Malaysia
d) Jenjang Magister dan Doktor : tidak lebih dari 36 tahun dan 41 tahun untuk yang telah bekerja pada pemerintah Malaysia
Kadar Pinjaman yang diberikan adalah RM 5000 untuk diploma, RM 18.000 untuk sarjana, RM 10.000 untuk magister (pinjaman berlaku selama 2 tahun), RM. 15.000 untuk doktor (pinjaman berlaku selama 3 tahun)
Pinjaman akan diberikan pada pelamar yang mendaftar pada institusi berikut.
a) Institusi Pendidikan Tinggi Awam Tempatan (IPTA), semua lembaga pendidikan tinggi negeri.
b) Institusi Pendidikan Tinggi Swasta, semua lembaga pendidikan tinggi swasta yang terakreditasi dan diakui oleh Badan Kualifikasi Malaysia (Malaysian Qualifications Agency (MQA)) dan semua jenis kursus swasya yang diakui oleh Badan Kualifikasi Malaysia (Malaysian Qualifications Agency (MQA)).
c) Institusi Pendidikan Tinggi Luar Negara (Negara Yordania ), lembaga pendidikan tinggi islam
Tata cara pengembalian pinjaman dapat dilakukan secara tunai di unit pinjaman pendidikan tinggi di Kantor Sekretaris Negara Perak Darul Ridzuan, Lantai 3, Divisi Jasa Manajemen, Jalan Panglima Bukit Gantang Wahab, 30000 Ipoh, Perak Darul Ridzuan. Pembayaran juga dapat dilakukan melalui pos yang ditujukan pada Bendahara Negeri Perak atau potong gaji dengan cara konsultasi pada atasan anda, atau secara online melalui situs .

Demikianlah artikel mengenai pinjaman pelajaran negeri perak. Semoga bermanfaat.

Related Posts