Buku Ipa kelas 7 semester 2 sudah dilakukan revisi terbaru oleh pemerintah. Memakai kurikulum 2013, buku ini diharapkan membuat peserta didik memenuhi kompetensi yang diinginkan. Meliputi keterampilan, pengetahuan dan juga sikap yang baik. Hal ini sesuai dengan tujuan dari kurikulum 2013. Semua materi pembelajaran di buku ini, diharapkan bisa mendukung pencapaian kompetensi yang diinginkan. Sehingga penggunaan kurikulum 2013 pun dapat terlaksana dengan baik.

Ipa Kelas 7
 Ipa Kelas 7

Kelas 7 berarti siswa masih baru pertama kali berada di jenjang sekolah menengah. Berarti materi yang dipelajari masih dasar. Belum terlalu komplek. Untuk semester dua ini lebih banyak membahas tentang lingkungan dan organisasi kehidupan. Belum membahas materi Ipa yang lebih mendalam atau memakai banyak hitungan.

Materi IPA kelas 7 semester 2 edisi revisi 2016

Di versi revisi ini, memang ada beberapa perubahan,. Ada materi yang dihilangkan dan ditambahkan. Selain itu disesuaikan dengan keadaan sekitar. Karena ipa juga berhubungan dengan alam, yang kita tinggali saat ini. Sehingga akan terus berkembang, karena ilmu pengetahuan juga mengalami banyak perubahan. Berikut ini rangkuman materi ipa kelas 7 semester 2 yang harus dipelajari peserta didik.

 Sistem organisasi kehidupan

Membahas tentang sel yang menjadi unit fungsional dan struktural dari kehidupan. Jairngan yang terdapat pada sel. Organ yang menyusun tumbuhan dan hewan serta pemahaman tentang sistem organ dan organisme. Materi ini akan dipelajari di awal semester 2.

 Lingkungan Makhluk hidup

Makhluk hidup dan lingkungan saling berkaitan satu sama lain. Saling berinteraksi setiap harinya. Di materi ini, akan membahas tentang pengertian lingkungan, hal yang dapat ditemukan di sebuah lingkungan, interaksi makhluk hidup di ekosistem yang membentuk suatu pola dan pola interaksi makhluk hidup yang mempengaruhi ekosistem.

 Pencemaran lingkungan

Pencemaran lingkungan harus dipahami peserta didik sejak kelas 7. Materi ini meliputi pengertian dari pencemaran lingkungan. Contoh pencemaran air, pencemaran udara dan pencemaran tanah. Guru bisa memberikan contoh langsung ke peserta didik dengan melihat kondisi pencemaran lingkungan dan bagaimana cara mengatasinya.

 Pemanasan global

Pemanasan global atau global warming, menjadi masalah yang harus diatasi sedini mungkin. Peserta didik, harus memahami tentang pemanasan global supaya tahu hal apa saja yang harus dilakukan untuk menyelamatkan bumi ini. Materi ini mempelajari tentang efek rumah kaca, pengertian pemanasan global, penyebab pemanasan global, dampak pemanasan global dan cara menanggulanginya.

 Lapisan bumi

Materi mengenai bumi, juga dipelajari di semester dua ini. Materi ini akan membahas tentang lapisan bumi, yang meliputi atmosfre, litosfer dan hidrosfer. Peserta didik, akan memahami tentang fungsi dari setiap lapisan dan komponen yang menyusunnya.

 Tata surya

Setelah memahami tentang lapisan bumi. Peserta didik juga akan mempelajari tentang tata surya. Materi ini meliputi sistem tata surya, kondisi bumi, kondisi bulan dan gerhana yang terjadi. Entah itu gerhana matahari atau gerhana bulan. Peserta didik diharapkan memahami fenomena yang terjadi, dari pergerakan bumi di tata surya.
Semua materi ipa kelas 7 semester 2 harus dipelajari secara menyeluruh. Peserta didik harus memahami materi itu dengan sebaik mungkin. Jangan gunakan metode belajar, siswa yang pasif sedangkan guru aktif. Tapi cobalah memakai metode belajar siswa aktif. Sehingga peserta didik lebih mudah memahami materi yang diajarkan. Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat.

Related Posts