Rabu, 09 Mei 2018

Sakit Gigi Saat Hamil Apakah Bawaan Bayi? Coba Cari Tahu!

Sakit gigi saat hamil apakah bawaan bayi? - Hampir setiap orang pasti pernah mengalami sakit gigi, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa meskipun dengan penyebab dan gejala yang berbeda-beda. Sewaktu kecil ketika gigi susu akan berganti dengan dengan gigi dewasa, tentunya Anda akan mengalami gejala awal yaitu gigi goyang dan gusi akan terasa sakit karena gigi tidak seutuhnya menempel atau lepas dari gusi. Selain itu sakit gigi juga bisa diakibatkan karena Anda suka mengkonsumsi makanan manis dan tidak rutin menggosok gigi yang mengakibatkan kuman menempel pada gigi dan membuat gigi berlubang. 

sakit gigi saat hamil
Sakit gigi saat hamil

Perubahan Hormon Mengakibatkan Sakit Gigi Pada Ibu Hamil

Sering kali timbul pertanyaan yang dialami oleh seorang ibu hamil yaitu, sakit gigi saat hamil apakah bawaan bayi? Sakit gigi yang dialami oleh beberapa bumil atau ibu hamil bisa saja memang dari bawaan bayi karena ketika mengandung akan terjadi proses perubahan hormon yang memungkinkan gusi mengalami peradangan atau sering disebut gingivitis. Seorang ibu yang sedang hamil dapat mengalami berbagai perubahan hormon yang dapat mempengaruhi mood atau perasaan serta pola kebiasaan. Perubahan hormon yang dialami oleh ibu hamil diantaranya adalah sering mual, sakit pinggang, badan terasa linu serta sakit gigi.

Perubahan Hormon Mengakibatkan Sakit Gigi Pada Ibu Hamil

Wajar saja apabila ibu hamil mengalami berbagai perubahan fisik, kebiasaan serta perasaan, khususnya untuk sakit gigi. Namun ketika sedang hamil dan mengalami sakit gigi, tentunya hal tersebut sangat menyusahkan ibu hamil karena gigi yang terasa sakit akan menyulitkan Anda untuk mengunyah makanan dan membuat tidak nafsu untuk mengkonsumsi makanan. Padahal seharusnya ibu hamil membutuhkan banyak asupan gizi serta nutrisi yang cukup agar bayi yang ada dalam kandungan tetap sehat. Apabila mengalami sakit gigi ketika hamil, tentunya untuk mengurangi rasa tidak nyaman Anda perlu mengetahui cara mengatasi sakit gigi sebagai berikut.

1. Jagalah Kebersihan Mulut

Anda harus menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan cara menggosok gigi dengan benar secara rutin untuk mencegah terjadinya sakit gigi selama masa kehamilan. Minimal Anda harus menggosok gigi sebanyak 2 kali yaitu di waktu pagi setelah sarapan dan pada malam hari sebelum Anda tidur. Anda juga harus rajin untuk berkumur setelah mengkonsumsi makanan agar tidak terdapat flek atau sisa makanan yang menempel pada gigi.

2. Rebusan Daun Jambu

Daun jambu ternyata tidak hanya sekedar berkhasiat untuk mengobati diare namun juga bisa untuk mengobati sakit gigi. Kandungan anagelsik yang terdapat pada daun jambu dapat mengurangi rasa nyeri pada gigi Anda. Siapkan daun jambu beberapa lembar lalu rebus menggunakan 2 gelas air, biarkan hingga air menyusut setengahnya menjadi segelas. Diamkan rebusan air hingga dingin dan gunakan untuk berkumur pada pagi dan malam hari.

3. Gerusan Bawang Putih

Ketika mengalami sakit gigi atau gusi bengkak, ambil 1 siung bawang putih kemudian gerus sampai lembut. Setelah itu campur dengan sedikit garam dan oleskan pada bagian gigi atau gusi yang sakit dan biarkan beberapa saat. Kadung asam amino aliin yang terdapat pada bawang putih ketika dihaluskan dapat berubah menjadi alisin yang bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit pada gigi dan radang gusi.

Jadi sakit gigi saat hamil apakah bawaan bayi? Banyak sekali faktor yang mempengaruhi penyebab sakit gigi, tidak hanya dari faktor eksternal tetapi juga faktor internal diantaranya yaitu mempunyai riwayat penyakit diabet dan bawaan bayi bagi ibu yang sedang mengandung. Bagian terpenting adalah jaga kesehatan gigi dan mulut untuk mencegah terjadinya sakit gigi terutama ketika hamil.
Sakit Gigi Saat Hamil Apakah Bawaan Bayi? Coba Cari Tahu! Rating: 4.5 Posted by: Justin Trudeau

0 komentar:

Posting Komentar