Pendidikan adalah hal yang sangat penting bagi manusia. Dengan pendidikan, seseorang akan memiliki kemampuan hidup yang lebih baik dan juga memiliki masa depan yang bagus. Kesejahteraan dan kemajuan bangsa akan sangat tergantung dengan pendidikan. Mengingat pentingnya pendidikan bagi manusia, peran guru tentu dinilai sebagai sesuatu yang sangat amat penting. Tanpa adanya guru, proses mengajar tidak akan dapat dilakukan dengan baik karena setiap murid yang ingin mengetahui sesuatu biasanya harus menggunakan jasa seorang guru. Bagi guru upi, kualitas guru menjadi hal yang penting. Dengan adanya sertifikasi guru upi maka nantinya setiap guru akan dapat diketahui kualitasnya. Pengadaan plpg memiliki tujuan yang sangat baik. Berikut ini adalah beberapa tujuan yang harus anda pahami.

Sertifikasi Guru
Sertifikasi Guru

1. Memilih kelayakan dari guru dalam profesinya

Pendidikan dan latihan profesi guru akan memberikan banyak manfaat bagi setiap guru. Salah satu manfaatnya adalah akan diketahui guru mana yang layak untuk diberikan sertifikat. Pelaksanaan sertifikasi guru ini tentunya bertujuan untuk memilih para guru profesional dalam profesinya sehingga guru tersebut akan mendapatkan banyak keuntungan jika dibandingkan dengan guru lainnya. Sertifikasi ini memang sangat pas jika diikuti oleh para guru honorer karena akan ada manfaat dan tujuan lain yang akan didapatkan oleh guru yang lolos seleksi.

2. Untuk meningkatkan proses dan juga hasil belajar

Tujuan yang kedua dari sertifikasi guru upi adalah akan membantu untuk meningkatkan proses dan juga hasil belajar. Dengan terpilihnya guru-guru yang profesional dan berkualitas maka murid akan lebih terjamin jika diajar oleh guru tersebut. Kualitas dari guru akan sangat berpengaruh terhadap proses mengajar dan hasilnya. Proses mengajar yang baik akan memberikan hasil belajar yang memuaskan begitu juga sebaliknya. Setiap guru yang telah lolos sertifikasi perlu untuk selalu berupaya agar proses belajar tidak membosankan dan semakin membuat murid lebih mudah untuk memahami pelajaran.

3. Demi meningkatkan kesejahteraan para guru

Hal yang juga menjadi tujuan dari pemberian atau mengadakan sertifikat untuk guru profesional adalah agar guru memiliki kesejahteraan. Peningkatan kesejahteraan guru bisa diupayakan dengan program ini. Guru yang telah mendapatkan sertifikat akan memiliki gaji pokok sehingga tidak hanya menjadi honorer biasa. Bahkan bagi yang sudah pns akan mendapatkan tunjangan tambahan sehingga guru indonesia akan semakin sejahtera.

4. Memberikan martabat kepada guru

Sertifikasi untuk guru upi juga memiliki tujuan agar martabat dari seorang guru dapat meningkat. Bisa dibayangkan sendiri betapa gaji dari guru honor yang sangat memprihatinkan. Bagaimana seorang guru hanya dengan jadi yang seadanya bisa menjadi orang yang begitu ikhlas menjalankan tugas sebagai seorang pengajar bagi generasi bangsa. Dengan meningkatnya kesejahteraan guru maka martabatnya juga akan secara otomatis terangkat. Anda yang ingin mendapatkan sertifikat seperti ini perlu untuk menjalani beberapa seleksi. Apabila seorang guru dinyatakan lolos maka nantinya hanya tinggal menunggu penyerahan sertifikat.
Sertifikasi guru upi memang sangat baik untuk diselenggarakan mengingat manfaat dan tujuannya yang begitu besar. Guru yang berkualitas nantinya akan mampu menghasilkan generasi yang juga berkualitas. Ada banyak sekali guru di indonesia yang masih belum diangkat sebagai pns meskipun kiprahnya sudah sangat jelas nyata memberikan hasil yang luar biasa bagi pendidikan. Dengan adanya sertifikasi guru, nantinya guru yang belum pns akan tetap memiliki kesempatan untuk memiliki gaji yang layak. Jika anda ingin mendapatkan sertifikat guru, anda harus mengikuti seleksi agar nantinya anda bisa menerima sertifikat yang anda nantikan tersebut.

Related Posts