Manusia akan merasa senang apabila melihat sesuatu yang terkesan indah. Hal ini memang menjadikan sifat dasar yang tuhan anugerah pada umat manusia. Oleh karena itulah, maka penduduk bumi ini selalu berkarya untuk menghasilkan benda yang menarik. Mereka menciptakan benda yang menarik dan indah, sehingga membuat siapa saja yang melihat akan terkesan. Salah satu jenis karya indah yang ada di masa kini yakni seni rupa. Pada dasarnya, karya seni rupa ini memang sangat menarik untuk dilihat. Itu semua biasa terjadi lantaran sebuah seni rupa menampilkan keindahan yang sangat mempesona. Sebuah karya yang ada di masa kini yakni jenis seni rupa mancanegara.

Lukisan Mona Lisa

Lukisan Mona Lisa


Secara umum, pengertian seni rupa mancanegara merupakan sebuah karya seni rupa yang dihasilkan oleh seniman dari luar Negara Kesatuan Republik Indonesia. Artinya sebuah seni rupa mancanegara bukanlah ciptaan dari olah tangan seniman asal nusantara. Oleh karena itulah, maka terkadang seni rupa jenis mancanegara ini cenderung berbeda dengan yang asli Indonesia. Hal itu biasa terjadi karena sudut pandang dari seniman Indonesia dan luar negeri tidaklah sama. 

Seni rupa memang menjadi cabang dari sebuah karya yang terbentuk dari suatu media yang dapat ditangkap indera. Media yang biasa ditangkap dengan indera itu seperti pemandangan, bentuk benda dan lain sebagainya. Sebuah karya seni rupa terlahir dari penggabungan konsep bidang, garis, volume, titik, tekstur bentuk, warna dan pencahayaan dengan memakai acuan estetika. Oleh karena perpaduan hal tersebut, maka seni rupa terkesan sangat artistik.

Contoh Seni Rupa Mancanegara Yang Terkenal

Karya seni rupa memang mampu menarik perhatian umat manusia di muka bumi. Mereka sangat tertarik terhadap karya yang dihasilkan oleh seniman di seluruh penjuru dunia. Oleh karena itulah, maka para penikmat karya indah ini akan berbondong - bondong menyaksikan hasil olah indera para seniman.

Di muka bumi telah tercipta begitu banyak karya seni rupa mancanegara. Akan tetapi tidak semua barang artistik ini dikenal oleh masyarakat luas. Hanya beberapa barang seni saja yang mampu menyedot perhatian penduduk planet bumi. Berikut daftar karya seni rupa mancanegara terkenal yang ada di muka bumi.

1. Lukisan Mona Lisa

Jenis seni rupa mancanegara yang sangat populer yakni lukisan Mona Lisa. Jenis lukisan minyak yang dibuat pada kayu populer ini mampu menyedot perhatian penduduk dunia. Karya seni buatan Leonardo Da Vinci di abad 16 ini memang sangatlah indah. Gambar seni rupa yang sekarang ada di Negara Prancis tersebut menampilkan sosok perempuan dengan pandangan yang misterius. Pandang sang wanita dalam lukisan Mona Lisa menatap langsung kepada orang yang melihatnya.

2. Patung Liberty

Jika ditanya tentang patung liberty pasti sudah banyak yang mengetahuinya bukan? Patung liberty merupakan sebuah karya seni yang ada di negara amerika serikat. Lebih tepatnya, patung berukuran raksasa ini berada di kota new york. Sejatinya, patung liberty merupakan karya seniman prancis. Benda seni ini ada di amerika serikat berkat warga perancis yang memberikannya sebagai tanda ucapan selamat atas kemerdekaan negara adidaya tersebut.

Patung Budha Bamiyan
Patung Budha bamiyna

3. Patung Budha Bamiyan

Patung Budha bamiyan ternyata masuk dalam daftar seni rupa mancanegara yang populer. Karya seni tangan manusia yang ada di Negara Afghanistan ini berukuran sangat besar. Patung budha ini di buat pada sebuah lembah bernama Bamiyan. Menurut perkiraan, karya seni berukuran raksasa tersebut dibuat sekitar abad ke -5 atau ke -6.

Related Posts